Penerbit Stablecoin USDC, Circle, Mempertimbangkan IPO untuk Tahun 2024?

Penerbit Stablecoin USDC, Circle, Mempertimbangkan IPO untuk Tahun 2024?

Circle, perusahaan di balik stablecoin terbesar kedua di pasar, USDC, dikabarkan sedang mempertimbangkan penawaran saham perdana (IPO) untuk tahun depan. Dengan kapitalisasi pasar lebih dari $24,4 miliar, Circle menunjukkan ambisi pertumbuhannya dan rencana strategis untuk menjadi perusahaan publik. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Circle dan Rencana IPO

circle dan ipo
Sumber: The Block

Circle dikabarkan sedang dalam diskusi dengan entitas penasihat tentang penawaran saham publik, menurut laporan Bloomberg. “Menjadi perusahaan publik yang terdaftar di AS telah lama menjadi bagian dari aspirasi strategis Circle. Kami tidak memberikan komentar tentang rumor,” kata juru bicara Circle.

Meski demikian, perusahaan ini memiliki daftar investor yang mencolok, termasuk institusi keuangan terkemuka seperti Goldman Sachs, Fidelity, dan Blackrock, yang menegaskan posisinya di industri keuangan.

Nilai finansial untuk IPO potensial masih belum diungkapkan, tetapi nilai perusahaan terakhir diperkirakan sebesar $9 miliar selama upaya sebelumnya untuk bergabung dengan Special Purpose Acquisition Company (SPAC) pada 2022. Proses IPO adalah proses tradisional di mana perusahaan swasta menjadi diperdagangkan secara publik dengan menjual sahamnya kepada investor.

Baca Juga: Circle Luncurkan Gas Station dan Smart Contract Platform, Apa Saja Fungsinya?

Upaya SPAC Circle dan Tantangan SVB

Pada 2021, Circle setuju untuk merger dengan Concord Acquisition Corp., sebuah Special Purpose Acquisition Company (SPAC). Namun, merger tersebut akhirnya gagal.

Pada 2022, Circle berhasil mengumpulkan dana sebesar $400 juta dalam putaran pendanaan dari institusi keuangan besar termasuk Goldman Sachs, Blackrock, Fidelity, dan lainnya. Meski mengalami beberapa kemunduran, ambisi Circle untuk penawaran saham publik tetap kuat. Meski belum ada rencana IPO yang pasti, perusahaan ini tetap diam tentang spekulasi terbaru.

Meski Circle telah mengalami beberapa rintangan, termasuk gagalnya merger dengan SPAC dan tantangan dengan Silicon Valley Bank, ambisi mereka untuk menjadi perusahaan publik tetap kuat. Dengan kapitalisasi pasar lebih dari $24,4 miliar, Circle menunjukkan potensi besar dalam industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: