Circle Luncurkan Gas Station dan Smart Contract Platform, Apa Saja Fungsinya?

author:

Circle Luncurkan Gas Station dan Smart Contract Platform, Apa Saja Fungsinya?

Circle, perusahaan di balik stablecoin USDC, kini memperkenalkan inovasi terbaru yang memungkinkan transaksi tanpa biaya gas di dunia Web3. Dengan peluncuran fitur “Gas Station” dan “Smart Contract Platform”, Circle menunjukkan komitmennya untuk memudahkan pengembangan di ruang Web3. Bahas lebih lanjut, yuk!

Gas Station: Solusi untuk Biaya Gas yang Mahal

circle luncurkan gas station
Sumber: Akun Twitter Circle

Baru-baru ini, Circle telah meluncurkan “Gas Station”, sebuah fitur yang memungkinkan pedagang untuk menanggung biaya transaksi atau biaya gas bagi pelanggan mereka. Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi tanpa harus khawatir tentang biaya tambahan yang seringkali menjadi hambatan di blockchain.

Baca juga: Circle Luncurkan USDC Langsung di Polygon

Fitur ini telah diuji coba oleh Grab, super-app Asia Tenggara, yang memberikan pengalaman tanpa biaya gas bagi pengguna Singapura yang menggunakan voucher NFT dari dompet Web3 Grab untuk mendapatkan hadiah.

Dengan “Gas Station”, Circle berupaya menghilangkan hambatan utama dalam adopsi teknologi blockchain, yaitu biaya transaksi yang tinggi.

Smart Contract Platform: Memudahkan Pengembangan di Blockchain

Selain “Gas Station”, Circle juga memperkenalkan “Smart Contract Platform”, sebuah platform yang memudahkan pengembang untuk mengimpor, menjelajahi, meluncurkan, dan mengelola smart contract.

Platform ini mendukung Ethereum, Polygon, dan Avalanche melalui API dan bertujuan untuk mempercepat waktu pengembangan dengan menyediakan infrastruktur yang handal.

Gagan Mac, Kepala Produk untuk Layanan Web3 di Circle, menyatakan bahwa kedua alat ini dirancang untuk mengatasi tantangan utama yang dihadapi oleh bisnis dan pengembang yang ingin mengintegrasikan pengalaman berbasis blockchain.

Baca juga: Grab dan Circle Berkolaborasi untuk Memperkenalkan Layanan Web3 di Singapura

Langkah Circle Menuju Adopsi Web3 yang Lebih Luas

Circle telah aktif mendorong adopsi teknologi berbasis blockchain ke arus utama melalui peluncuran layanan Web3.

Pada Juli 2023 lalu, Circle meluncurkan dompet yang dapat diprogram, memberikan pengembang sistem yang ramah pengguna untuk menyematkan dompet Web3 ke dalam aplikasi mereka.

Dengan inovasi terbaru ini, Circle menunjukkan dedikasinya untuk membuat teknologi blockchain lebih mudah diakses dan ramah pengguna bagi audiens yang lebih luas.

Secara keseluruhan, Circle terus berinovasi dan memimpin jalan menuju adopsi Web3 yang lebih luas. Dengan fitur-fitur baru seperti “Gas Station” dan “Smart Contract Platform”, perusahaan ini menunjukkan visinya untuk dunia Web3 yang lebih inklusif dan mudah diakses.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: