Circle, Emiten USDC, Siap Go Public di 2024?

Circle, Emiten USDC, Siap Go Public di 2024?

Circle Internet Financial Ltd., emiten dari stablecoin USDC, dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) pada awal tahun 2024. Kabar ini muncul setelah upaya sebelumnya untuk go public melalui Special Purpose Acquisition Company (SPAC) gagal pada tahun 2022.

Circle dan Rencana IPO 2024

Circle, sebagai emiten dari USDC, salah satu stablecoin terbesar di dunia, dikabarkan sedang menjajaki kemungkinan untuk go public dengan IPO pada tahun 2024. Kabar ini muncul setelah upaya sebelumnya untuk go public melalui SPAC gagal pada tahun 2022. Nilai valuasi Circle untuk IPO potensial masih belum diketahui.

Baca Juga: Perluas Ekspansinya, Circle Meluncurkan Stablecoin Berbasis Euro (EUROC) di Avalanche

Namun, perlu diingat bahwa pada tahun 2022, Circle dinilai sebesar $9 miliar saat mencoba go public melalui kesepakatan blank-check. Konteks historis ini memberikan wawasan tentang kapitalisasi pasar potensial perusahaan.

Respon Circle dan Informasi Tentang USDC

usdc meluncur di polkadot
Sumber: Crypto News

Menanggapi pertanyaan tentang IPO potensial, juru bicara Circle hanya memberikan komentar singkat, “Menjadi perusahaan publik yang terdaftar di AS telah lama menjadi bagian dari aspirasi strategis Circle. Kami tidak memberikan komentar tentang rumor.” Circle adalah emiten dari USDC, salah satu stablecoin terbesar di dunia.

Stablecoin adalah crypto yang nilainya dipegang ke aset yang mendasarinya, seperti dolar AS, dan banyak digunakan oleh pedagang untuk memfasilitasi transfer aset digital antar bursa.

Kredibilitas Circle diperkuat oleh asosiasinya dengan berat-berat keuangan seperti Goldman Sachs, Fidelity, dan BlackRock, yang semuanya telah berinvestasi besar-besaran di emiten stablecoin ini.

Paragraf Penutup

Meski USDC mencapai puncak kapitalisasi pasar sebesar $55,9 miliar pada Juni 2022, nilai ini telah mengalami penurunan signifikan, saat ini bernilai $24,6 miliar. Penurunan ini dapat diatribusikan kepada depresiasi sementara USDC dari dolar AS pada Maret 2022 karena paparan $3,3 miliar ke Silicon Valley Bank yang kini telah kolaps.

USDC sempat turun ke $0,87 sebelum rebound ke $1. Menanggapi tantangan ini, Circle berkomitmen untuk berbagi laporan keuangan secara teratur dan telah menunjuk Deloitte sebagai auditor.

Baca Juga: Circle Segera Hadir di Jepang? Jeremy Allaire, CEO Circle, Mengungkap Rencana Penerbitan USDC

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi