Sempat Tersandung Kasus, Circle Luncurkan Cross-Chain Protocol Transfer USDC, Makin Aman?

Sempat Tersandung Kasus, Circle Luncurkan Cross-Chain Protocol Transfer USDC, Makin Aman?

Circle, pencipta US Dollar Coin (USDC), telah meluncurkan protokol mainnet yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer USDC antara Ethereum dan Avalanche.

Sebelumnya, pengguna Avalanche yang memiliki USDC di Ethereum harus menyetor koin mereka dengan mitra Circle atau menggunakan jembatan pihak ketiga untuk mentransfer USDC mereka dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Cross-Chain Transfer Protocol (CCTP) yang baru tampaknya menghilangkan kebutuhan akan jembatan USDC.

Simak berita lengkapnya berikut ini!

Seperti Apa Cara Kerja Cross-Chain Transfer Protocol USDC?

Dilansir dari Cointelegraph, tim ini merilis sebuah video pada tanggal 13 April 2023, yang menunjukkan bagaimana protokol baru ini bekerja. Tidak seperti jembatan tradisional, jembatan ini tidak mengunci token yang dikirim ke kontraknya.

Pengguna dapat menukarkan token baru ini dengan setoran bank secara langsung, dengan menyetorkan token ke Circle atau mitranya.

Dalam pengumuman tersebut, tim mengatakan bahwa mereka mengharapkan CCTP dapat menyelesaikan masalah “fragmentasi” dalam ekosistem Web3. Saat ini, ada beberapa versi tidak resmi USDC yang beredar di berbagai jaringan, yang sebagian besar merupakan hasil dari token di satu jaringan yang dijembatani ke jaringan lain.

Tim tersebut mengatakan bahwa banyak protokol cross-chain terbesar berencana untuk menggunakan CCTP di masa mendatang, termasuk Celer, Hyperlane, LayerZero, LI.FI, MetaMask, Wormhole, dan lainnya.

Baca Juga: USDC Sempat Bermasalah, Vitalik Buterin Malah Borong USDC Senilai Rp13,4 Miliar! Kenapa Ya?

Apa Keuntungan Protokol Baru untuk Para Pengguna?

protokol usdc
Sumber: Forbes

Joao Reginatto, Wakil Presiden Produk Circle, mengatakan bahwa ia yakin protokol baru ini akan membantu meningkatkan likuiditas dan efisiensi modal dalam keuangan terdesentralisasi.

“Dengan CCTP, pengembang dapat menyederhanakan pengalaman pengguna dan pengguna mereka dapat percaya bahwa mereka selalu bertransaksi dengan aset yang sangat likuid, aman, dan dapat dipertukarkan dalam USDC asli,” ujar Reginatto, dikutip dari Cointelegraph, Kamis, (27/4/2023).

USDC adalah stablecoin yang didukung fiat yang diterbitkan oleh Circle. Perusahaan mengklaim bahwa setiap token USDC didukung dolar demi dolar dalam cadangannya. Pengguna dapat mencetak USDC dengan membuka akun dan menyetor uang tunai ke Circle atau salah satu mitranya, seperti Coinbase.

Setelah mereka melakukan ini, mereka dapat menerima koin di beberapa jaringan, termasuk Ethereum, Avalanche, Stellar, dan Polkadot.

Selama beberapa tahun terakhir, USDC sempat tersandung masalah hingga menyebabkan harga anjlok. Baca berita lengkapnya di Sempet Bikin Kaget Karena Harganya Anjlok, Harga USDC Kini Kembali Normal, Ada Apa Sih?

Referensi: