Cinematic AI: Masa Depan Hollywood yang Diperlihatkan di Venice

Cinematic AI: Masa Depan Hollywood yang Diperlihatkan di Venice

Dalam suasana memikat Festival Film Venice ke-90, tokoh-tokoh besar Hollywood, yang sebelumnya berhati-hati terhadap integrasi artificial intelligence (AI) di bioskop, kini dengan sepenuh hati menerima konsep “Cinematic AI”.

Film Berdaya AI Sebagai Pembuka Mata

Dengan latar Festival Film Venice yang gemerlap, film berdaya AI menjadi sorotan, menunjukkan potensi inovatifnya dan menantang konsep konvensional pembuatan film.

Baca Juga: Gak Sabar, Industri Film Ini Akan Luncurkan 3 NFT Film di OpenSea!

Tom Hanks, dalam mempromosikan film “Here” yang disutradarai oleh Robert Zemeckis, bahkan mengungkapkan keyakinannya tentang kemungkinan versi AI darinya yang berakting jauh setelah waktunya berakhir.

Munculnya Studio Film AI

studio film ai
Artificial Intelligence

Festival Film Venice juga menjadi saksi kelahiran 3 studio film AI baru. Harmony Korine meluncurkan “EDGLRD”, sementara “Pillars” memperkenalkan film “The Red” dan mengumumkan rencana untuk lima proyek berdaya AI lainnya.

“The Simulation” memperkenalkan versi baru dari Showrunner AI mereka, yang dirancang untuk menghasilkan episode dari input teks.

Konvergensi Inovasi dalam Cinematic AI

Apa yang menyatukan studio film AI ini adalah fokus bersama mereka pada masa depan sinema, yang menggabungkan mesin game, Extended Reality (XR), AI, dan pembuatan film tradisional untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar baru.

AI di Cinema: Ancaman atau Peluang?

Meskipun penggunaan AI dalam sinema tetap menjadi topik kontroversial, dukungan kuat untuk AI oleh tokoh industri seperti Joe Russo, Darren Aronofsky, Tom Hanks, dan Robert Zemeckis di Festival Film Venice menunjukkan momen transformatif bagi industri film.

Baca Juga: Inovasi Baru dalam Dunia Film, Lelang NFT dari Film ‘Shadow Brother Sunday’!

Sepertinya Hollywood tidak hanya mempertimbangkan kembali AI sebagai ancaman potensial tetapi juga memandangnya sebagai peluang menarik yang dapat mengubah bentuk penceritaan sinematik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: