Chip Bitcoin Baru: Berkah bagi Penambang Pasca Halving?

Chip Bitcoin Baru: Berkah bagi Penambang Pasca Halving?

Perusahaan perintis di bidang penambangan Bitcoin dan solusi AI cloud, Bitdeer, telah mengembangkan chip penambangan Bitcoin yang sangat efisien. Chip ini memberikan efisiensi daya yang luar biasa, secara signifikan meningkatkan kinerja penambangan Bitcoin sambil meminimalkan konsumsi daya.

Bitdeer menegaskan bahwa chip tersebut akan memberdayakan komunitas penambang Bitcoin untuk memanfaatkan peluang setelah acara Bitcoin halving pada bulan April.

Chip Penambangan Bitcoin Terbaru Bitdeer

D-Central

Dalam sebuah posting terbaru di X (sebelumnya Twitter), Bitdeer mengakui tantangan yang akan dihadapi oleh para penambang Bitcoin. Mereka membahas tentang halving Bitcoin yang akan datang pada bulan April, yang dapat sementara mengurangi profitabilitas penambang.

Baca Juga: EigenLayer: Proyek DeFi yang Meraih Pertumbuhan TVL 500% dalam Sebulan

Bitdeer menggembar-gemborkan efisiensi chip SEAL01, dengan menyatakan, “SEAL01 dirancang menggunakan teknologi proses 4-nanometer canggih dari fabrikator semikonduktor terkemuka dunia. Dalam pengujian, chip tersebut mencapai rasio efisiensi daya yang luar biasa sebesar 18,1 J/TH.”

Jika ini benar, ini akan menjadikan SEAL01 salah satu chip penambangan BTC paling efisien di pasaran. Data dari tahun 2023 menunjukkan bahwa chip AntMiner S19 Pro dari Bitmain berjalan dengan efisiensi penambangan di bawah 30 J/TH.

Perusahaan Penambangan Bitcoin Mencatat Pertumbuhan Saham Positif

Perusahaan Penambangan Bitcoin Mencatat Pertumbuhan Saham Positif
BeInCrypto

Perusahaan penambangan Bitcoin besar telah menghabiskan waktu sekitar satu tahun terakhir untuk mempersiapkan acara halving Bitcoin berikutnya yang kemungkinan akan terjadi pada bulan April. Pada tanggal 28 Februari, perusahaan penambangan crypto Hut 8 mengungkapkan rencananya untuk menginvestasikan $17,3 juta dalam membangun fasilitas penambangan crypto baru di Texas.

BeInCrypto baru-baru ini melaporkan bahwa halving diperkirakan akan menggandakan biaya rata-rata untuk menambang satu Bitcoin, berkisar antara $30.000 hingga $60.000. Pada tanggal 28 Februari, penambang Bitcoin Marathon Digital menyaksikan lonjakan harga sahamnya setelah pengungkapan laba tahunan sebesar $151,8 juta pada kuartal terakhir tahun sebelumnya.

Bitcoin Meroket Lampaui $64.000, Dekati Rekor Tertinggi

Bitcoin mencapai titik tertinggi dua tahun pada hari Senin (4 Maret), menembus $64.000 karena gelombang uang membawanya mendekati level rekor. Bitcoin menyentuh $64.285 di awal hari perdagangan Asia, tertinggi sejak akhir tahun 2021, dan terakhir 2% lebih kuat untuk sesi tersebut di $63.850.

Rekor tertinggi Bitcoin adalah $68.999,99 yang ditetapkan pada bulan November 2021. Mata uang crypto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar crypto ini telah naik 50% tahun ini dan sebagian besar kenaikan terjadi dalam beberapa minggu terakhir di mana volume perdagangan telah melonjak untuk dana bitcoin yang terdaftar di AS.

Dana yang diperdagangkan di bursa ETF Bitcoin spot telah disetujui di Amerika Serikat awal tahun ini. Peluncuran mereka membuka jalan bagi investor crypto besar baru dan telah menyalakan kembali antusiasme dan momentum yang mengingatkan pada peningkatan ke level rekor pada tahun 2021.

Penutup

Reli tersebut terjadi bersamaan dengan rekor yang jatuh pada indeks saham dari Nikkei Jepang hingga S&P 500 dan Nasdaq yang padat teknologi dan dengan pengukur volatilitas di ekuitas dan valuta asing berbalik lebih rendah.

“Dalam dunia di mana Nasdaq membuat tertinggi baru sepanjang masa, crypto akan berkinerja baik karena bitcoin tetap menjadi proksi teknologi volatilitas tinggi dan termometer likuiditas,” kata Brent Donnelly, pedagang dan presiden di perusahaan analisis Spectra Markets. “Kita kembali ke pasar gaya 2021 di mana semuanya naik dan semua orang bersenang-senang.”

Baca Juga: Bitcoin Diprediksi Tembus $900.000, Menurut Model Crypto yang Kontroversial

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi