China Siap Ikuti Jejak AS dalam Perlombaan ETF Bitcoin!

China Siap Ikuti Jejak AS dalam Perlombaan ETF Bitcoin!

Kabar gembira bagi para penggemar crypto! Setelah Amerika Serikat menyetujui ETF Bitcoin spot, kini mata dunia tertuju pada langkah besar yang akan diambil oleh China. Apakah Negeri Tirai Bambu akan mengikuti jejak AS dalam perlombaan ETF Bitcoin yang semakin memanas ini?

AS Pecahkan Rekor dengan ETF Bitcoin Spot

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) baru-baru ini memberikan lampu hijau untuk ETF Bitcoin spot, sebuah langkah yang telah lama ditunggu-tunggu oleh pasar crypto. Keputusan ini dianggap sebagai tonggak sejarah yang akan membawa Bitcoin lebih dekat kepada delapan miliar orang di seluruh dunia.

justin sun etf bitcoin
Sumber: Akun X Justin Sun

Justin Sun, pendiri Tron, menyambut berita ini dengan antusias, menyatakan bahwa tren crypto kini tak terbendung. Dengan persetujuan ini, harga Bitcoin yang saat ini berada di angka $46.740, mengalami kenaikan sebesar 2,41% dalam 24 jam terakhir.

Meskipun kenaikannya terbilang moderat, analis pasar tetap optimis dan memprediksi potensi kenaikan harga Bitcoin yang signifikan. Michaël van de Poppe, seorang analis crypto, bahkan memperkirakan Bitcoin bisa mencapai kisaran $300.000 hingga $600.000 dalam siklus pasar saat ini.

Baca Juga: China Berniat Tingkatkan Standar Blockchain Nasional di Tahun 2025

China Diperkirakan Akan Bergabung dalam Perlombaan

Menyusul keputusan SEC, Justin Sun memprediksi bahwa China tidak akan lama lagi mengikuti langkah serupa. Ia percaya bahwa pasar Asia, khususnya China, akan segera memanfaatkan peluang ini.

johnny ng hongkong
Sumber: Akun X Johnny Ng

Johnny Ng, anggota Dewan Legislatif Hong Kong, juga mendesak pemerintah SAR untuk mengambil peran terdepan dalam industri aset virtual dengan segera menerapkan ETF Bitcoin spot. Pendidikan populer yang komprehensif tentang aset virtual juga menjadi sorotan, dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan mengurangi risiko aktivitas kriminal terkait crypto.

Hal ini menunjukkan bahwa penerimaan global terhadap crypto semakin meningkat, dan investor dari seluruh dunia kini menantikan persetujuan serupa di negara mereka, yang akan mendorong adopsi crypto lebih luas lagi.

Baca Juga: Makin Canggih, China Gunakan Blockchain untuk Verifikasi Identitas 1,4 Miliar Warganya!

Perlombaan ETF Bitcoin Membuka Peluang Baru

Sekitar selusin perusahaan, termasuk raksasa keuangan seperti BlackRock, Grayscale, dan Fidelity, telah bersaing untuk mendirikan ETF Bitcoin spot. Setelah persetujuan diberikan, perusahaan-perusahaan ini mengumumkan atau menyesuaikan biaya yang akan dikenakan kepada investor.

Persaingan ini menandakan lanskap kompetitif yang muncul seiring perusahaan berusaha menarik investor. ETF Bitcoin spot yang disetujui berbeda dengan ETF Bitcoin berjangka yang sebelumnya sudah ada, karena yang pertama memegang Bitcoin nyata, sementara yang kedua melibatkan kontrak derivatif yang terkait dengan BTC.

Persetujuan oleh SEC AS ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan yang telah melihat banyak penundaan dan penolakan dalam upaya peluncuran ETF Bitcoin spot.

Kesimpulan

Dengan persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC AS, dunia kini menantikan langkah besar selanjutnya dari China. Apakah prediksi Justin Sun akan menjadi kenyataan? Satu hal yang pasti, perlombaan ETF Bitcoin ini tidak hanya akan mengubah peta keuangan global, tetapi juga membuka peluang baru bagi pertumbuhan dan adopsi crypto di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: