China Luncurkan Dana Investasi Senilai $707 Juta, Untuk Apa?

China Luncurkan Dana Investasi Senilai $707 Juta, Untuk Apa?

China baru-baru ini mengumumkan peluncuran dana investasi senilai $707 juta di Shanghai. Dana ini ditujukan untuk mendukung inovasi di berbagai sektor, termasuk kecerdasan buatan (AI). Bagaimana dampaknya bagi kamu? Simak berita lengkapnya berikut ini!

China dan Ambisi AI-nya

Shanghai telah mengidentifikasi AI sebagai salah satu dari tiga industri kunci untuk pengembangan yang terfokus, bersama dengan sirkuit terpadu dan biomedis. Dalam beberapa tahun terakhir, Shanghai telah meningkatkan upayanya untuk memajukan sektor AI-nya. Kota ini telah menyaksikan ekspansi signifikan dalam skala industri AI-nya, dengan nilai output gabungan perusahaan AI melampaui $42,73 miliar pada 2021.

Selain itu, telah terjadi peningkatan yang mencolok dalam jumlah profesional terampil yang bekerja di bidang AI. Pada 2030, China bercita-cita untuk memimpin dalam kecerdasan buatan global, dengan menargetkan “supremasi kecerdasan” melalui investasi strategis.

Visi ini melibatkan melampaui Amerika Serikat dalam kemajuan teknologi, mempengaruhi wilayah yang dipersengketakan, dan mengamankan posisi dominan dalam inovasi dan pengenalan global, dengan mempertimbangkan supremasi kecerdasan sebagai tujuan yang sangat penting.

Baca Juga: China Siap Dominasi Dunia AI dengan Meningkatkan Kekuatan Komputasi 50%!

Strategi Inovasi dan Dampaknya bagi Ekonomi Global

ambisi ai china
Sumber: Asia Times

Dana ini akan dikelola oleh perusahaan investasi IDG Capital dan ditujukan untuk mendukung inovasi di Shanghai dan wilayah Delta Sungai Yangtze. Dana ini akan berinvestasi dalam berbagai sektor strategis, termasuk sirkuit terpadu, biopharma dan ilmu kehidupan, kecerdasan buatan, kendaraan energi baru, peralatan high-end, dan bahan-bahan canggih.

Peluncuran dana ini membawa implikasi yang jauh melampaui perbatasan China. Ini menawarkan gambaran tentang strategi ekonomi China yang lebih luas dan ambisinya untuk berada di garis depan inovasi teknologi. Seiring dana ini mendukung terobosan di sektor seperti kecerdasan buatan dan ilmu kehidupan, ini memiliki potensi untuk membentuk lanskap teknologi global dan mendefinisikan ulang tatanan ekonomi internasional.

Dengan peluncuran dana investasi ini, China menunjukkan komitmennya untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan memastikan stabilitas finansial jangka panjang. Langkah ini menjadi bukti strategi China untuk meningkatkan pasar finansialnya dan menciptakan lingkungan investasi yang lebih dinamis. Bagi kamu, ini bisa menjadi peluang untuk melihat bagaimana perkembangan teknologi dan inovasi di China dapat mempengaruhi ekonomi global dan mungkin juga peluang investasi kamu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: