ChatGPT Kini Dapat Eksplor Informasi Terbaru dari Web, Gak Lagi Terbatas Hingga 2021?

ChatGPT Kini Dapat Eksplor Informasi Terbaru dari Web, Gak Lagi Terbatas Hingga 2021?

OpenAI, perusahaan teknologi AI terkemuka, telah memperkenalkan fitur jelajah web real-time pada ChatGPT, salah satu alat AI terdepannya. Dengan fitur ini, ChatGPT tidak lagi terbatas pada data hingga September 2021, tetapi dapat mengakses informasi terbaru dari web. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Fitur Jelajah Web dalam ChatGPT

fitur jelajah web chatgpt
Sumber: Akun X OpenAI

Dilansir dari Coingape, kemampuan jelajah ini ditenagai melalui kemitraan dengan mesin pencari Bing milik Microsoft. Fitur ini mengubah ChatGPT dari analisis data statis menjadi generator informasi real-time.

Fitur jelajah ini sangat penting untuk pertanyaan yang memerlukan informasi terbaru, seperti tren pasar, ulasan produk, atau perencanaan liburan.

Selain memberikan jawaban berbasis teks, fitur ini juga menyediakan tautan langsung ke sumber informasi yang otoritatif, meningkatkan kredibilitas informasi yang diberikan.

Baca Juga: ChatGPT Enterprise: Tool AI yang Akan Ubah Dunia Bisnis!

Mengatasi Masalah Privasi dan Hak Cipta

Salah satu kekhawatiran utama adalah potensi pelanggaran paywall, yang dapat menyebabkan masalah hak cipta. Namun, OpenAI telah mengimplementasikan langkah-langkah keamanan, memastikan kepatuhan terhadap izin situs web melalui protokol “robots.txt”.

Fitur jelajah real-time ini awalnya tersedia untuk pengguna ChatGPT ‘Plus’ dan ‘Enterprise’, dengan rencana untuk meluncurkannya ke semua pengguna dalam waktu dekat.

Meskipun fitur ini menawarkan banyak potensi, ada kekhawatiran tentang akurasi dan potensi penyebaran informasi yang salah atau menyesatkan.

Baca Juga: Pasang Plugin ChatGPT, Solana Kucurkan Dana Rp14 Miliar untuk Proyek Inovatif Blockchain dan AI

Dampak Terhadap Sektor AI

Dengan fitur jelajah web, ChatGPT dapat memberikan jawaban yang lebih relevan dan tepat waktu, tetapi ini juga menimbulkan dilema etika dan keamanan.

Untuk AI menjadi benar-benar berguna, beberapa batasan harus dilepaskan atau setidaknya dilonggarkan. Namun, hal ini dapat meningkatkan potensi penyalahgunaan teknologi.

Tomas Chamorro-Premuzic, profesor psikologi bisnis di University College London, menekankan pentingnya sumber informasi yang dapat diandalkan untuk memastikan keakuratan dan keandalan informasi yang diberikan oleh ChatGPT.

Pembaruan ChatGPT menandai langkah besar dalam evolusi AI. Dengan kemampuan untuk mengakses informasi terbaru dari web, ChatGPT menjadi lebih dinamis dan relevan. Namun, dengan inovasi ini datang tanggung jawab untuk memastikan bahwa teknologi digunakan dengan cara yang etis dan aman.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: