Dibantu ChatGPT, Market Cap Crypto Meme Ini Sentuh Rp440 Miliar! Kok Bisa?

author:

Dibantu ChatGPT, Market Cap Crypto Meme Ini Sentuh Rp440 Miliar! Kok Bisa?

Dibuat untuk membantu kegiatan manusia, baru-baru ini, proyek AI populer dari OpenAI, ChatGPT GPT-4, digunakan untuk menciptakan meme coin Turbo yang kini market cap-nya telah melebihi $30 juta atau Rp440 miliar hanya dalam seminggu setelah peluncurannya.

Kok bisa? Simak selengkapnya di bawah ini!

Perjalanan Meme Coin TurboToad

tweet meme token turbo
Twitter

Pada 24 April 2023 silam, seniman digital Rhett Mankind mengunggah sebuah cuitan tentang bagaimana ia memberikan instruksi dan anggaran sebesar $69 atau Rp1 juta kepada ChatGPT untuk membuat meme coin yang akan menyaingi semua hype meme coin lain dan mencapai peringkat 300 teratas di CoinGecko.

Pada saat itu, Mankind meminta ChatGPT untuk memilih nama proyek, dan nama Turbo Toad Token (TTT) berhasil dipilih melalui polling Twitter. Selanjutnya, seniman tersebut menggunakan Midjourney untuk membuat maskot proyek.

Menurut dokumentasinya di Twitter, ChatGPT membantunya dalam mempersiapkan tokenomics untuk proyek dan whitepaper yang di dalamnya termasuk ketentuan seperti tidak ada pajak, kontrak yang diserahkan, tidak ada presale, dan mekanisme anti-whale.

Di awal perjalanannya untuk membuat smart contract, Mankind mengalami masalah karena chatbot ChatGPT menyarankan dia untuk belajar cara coding karena batasan anggaran.

Setelah berlalu, akhirnya kode AI berhasil menulis kode yang kemudian di-deploy setelah dilakukan pengujian dan diverifikasi oleh beberapa pengikut. Dan tak disangka, saat ini TurboToad menjadi salah satu meme coin yang tengah ramai dibicarakan dan mendapatkan popularitas bersamaan dengan meme coin saingannya, Pepe.

TURBO Sukses Diluncurkan dan Dilisting di Bursa Crypto

chatgpt token turbo
Cryptoslate

Peluncuran TURBO yang sukses telah menarik minat dari beberapa influencer crypto dan akun populer, yang mana semakin menimbulkan minat pada meme coin tersebut.

Sejak peluncurannya, proyek ini telah memiliki kehadiran media sosial yang kuat dengan lebih dari 10.000 pengikut di Twitter dan grup discord.

Sementara itu, minat yang meningkat telah melihat pemegangnya melebihi 9000, dengan volume perdagangan melebihi $30 juta atau Rp440 miliar dalam 24 jam, menurut data CoinGecko (4/5/23). Tidak hanya tu, beberapa bursa crypto seperti MEXC dan LBank juga telah mencantumkan token Turbo.

Per 3 Mei 2023 lalu, token TURBO diperdagangkan pada $0,00053512, dan kapitalisasi pasarnya melebihi $50 juta atau Rp733 miliar. Namun, baru-baru ini nilainya turun menjadi sekitar $34,6 juta atau Rp507 miliar, menurut data Dextools.

Baca juga: Kapitalisasi Pasar Token BRC-20 Sentuh Rp1,7 Triliun, Kini Jadi Haluan Crypto Meme?

Potensi Besar dari Chatbot dalam Pembuatan Meme Coin

Penggunaan ChatGPT dalam menciptakan mem ecoin Turbo menunjukkan potensi besar dari penggunaan chatbot dan teknologi AI dalam pembuatan proyek crypto.

Fenomena ini diyakini menjadi pembuka peluang bagi orang-orang yang tidak memiliki latar belakang teknis untuk menciptakan proyek crypto baru dengan biaya yang lebih rendah.

Per 3 Mei 2023, Mankind, si seniman digital dibalik proyek TurboToad membagikan sebuah video di YouTube, yang menjelaskan bahwa program AI milik OpenAI, ChatGPT, telah membantunya memilih nama dan membangun branding meme coin. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa ChatGPT juga membantunya dalam menyediakan kode smart contract proyek meme coin yang tengah naik ini.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: