Pendiri Cardano Charles Hoskinson Sebut USDC Sebagai CBDC!

author:

Pendiri Cardano Charles Hoskinson Sebut USDC Sebagai CBDC!

Jakarta, Pintu News – Charles Hoskinson, pendiri Cardano, baru-baru ini membuat pernyataan mengejutkan dengan menyebut USD Coin (USDC) sebagai Central Bank Digital Currency (CBDC) awal.

Pernyataan ini menyoroti pentingnya stablecoin seperti USDC dalam lanskap mata uang kripto yang lebih luas.

USDC: Stabilitas dan Transparansi

USDC beroperasi sebagai stablecoin, mempertahankan patokan 1 banding 1 dengan dolar AS dengan didukung penuh oleh aset mata uang fiat. Dukungan ini memastikan bahwa setiap token USDC yang beredar secara langsung sesuai dengan dolar fisik yang disimpan sebagai cadangan.

Baca juga: Dompet USDC Melonjak 59%: Tanda Kebangkitan di Tengah Badai Crypto!

Stabilitas yang ditawarkan oleh USDC menjadikannya pilihan yang menarik bagi pengguna yang ingin melindungi diri dari volatilitas yang umumnya terkait dengan aset digital lainnya.

Salah satu aspek penting dari USDC adalah sifatnya yang open-source, memungkinkan transparansi dan keterlibatan komunitas dalam pengembangan dan pemeliharaannya. Kode di balik USDC dapat diakses secara terbuka, memungkinkan pengguna untuk melihat dan berkontribusi pada pengembangannya yang sedang berlangsung.

Perkembangan Terbaru USDC

Perkembangan terbaru seputar USDC telah menggarisbawahi keunggulannya yang semakin menonjol dalam ekosistem mata uang kripto.

Neil Hartner, mantan Senior Software Engineer di Ripple Labs, memberikan wawasan tentang kumpulan Pembuat Pasar Otomatis (AMM) USDC/XRP, menyoroti nuansa teknis dan menanggapi pertanyaan pengguna.

Diskusi ini mencerminkan upaya berkelanjutan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan fungsionalitas platform dan protokol terkait USDC. Selain itu, pencatatan USDC di platform Robinhood Eropa menandai tonggak penting dalam adopsi dan aksesibilitas stablecoin.

Keputusan Robinhood untuk menawarkan pasangan perdagangan USDC dan memperkenalkan program hadiah bagi pemegang USDC menunjukkan pengakuan platform tersebut atas nilai dan utilitas stablecoin.

Baca juga: Inisiatif Baru: PayPal Beri Reward untuk Penambang Bitcoin Berkelanjutan!

Tanggapan positif dari investor, tercermin dari kenaikan harga saham Robinhood, menggarisbawahi kepercayaan pasar terhadap USDC dan potensinya untuk pertumbuhan lebih lanjut.

Kompatibilitas USDC dengan Blockchain dan Pembaruan Pasar

coinbase circle usdc
Sumber: Bitcoin News

USD Coin (USDC) menonjol karena kompatibilitasnya dengan beberapa jaringan blockchain, termasuk Ethereum, Algorand, Solana, Stellar, dan TRON.

Interoperabilitas lintas rantai ini memastikan bahwa pengguna USDC dapat bertransaksi dan terlibat dengan stablecoin secara mulus di berbagai platform dan ekosistem. Dengan menawarkan kompatibilitas dengan beberapa blockchain, USDC meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas bagi pengguna, memungkinkan mereka untuk memanfaatkan manfaat stablecoin di berbagai jaringan.

Dalam hal kinerja pasar, USDC saat ini diperdagangkan pada $0,9999  dengan volume perdagangan 24 jam sebesar $5,905,416,343 (24/4/24).

Angka-angka ini mencerminkan partisipasi aktif dan likuiditas yang ada dalam pasar USDC, menyoroti peran stablecoin sebagai komponen penting dari ekosistem mata uang kripto yang lebih luas.

Seiring USDC terus berkembang dan memperluas jangkauannya, dampaknya terhadap lanskap aset digital siap tumbuh, semakin memperkuat posisinya sebagai landasan ekonomi terdesentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Coindesk