Tanggapi Kontroversi Ledger, Pendiri Cardano Beberkan Strategi Baru!

Tanggapi Kontroversi Ledger, Pendiri Cardano Beberkan Strategi Baru!

Pendiri Cardano, Charles Hoskinson, baru-baru ini menyeru adanya pembaruan desentralisasi dalam respons terhadap kontroversi terkait Ledger. Kontroversi ini berkembang setelah Ledger melakukan pembaruan firmware yang menghasilkan banyak masalah bagi para pengguna. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kontroversi Ledger Mengguncang Komunitas Crypto

charles hoskinson cardano
Sumber: Coindesk

Mengutip dari Coingape, Ledger, penyedia dompet hardware crypto terkemuka, telah menghadapi kritikan tajam setelah pembaruan firmware terbarunya. Pembaruan ini, yang seharusnya meningkatkan keamanan dan fungsi dompet, malah menyebabkan sejumlah masalah bagi penggunanya.

Banyak pengguna melaporkan masalah akses dan transaksi setelah pembaruan, memicu kekecewaan dan frustrasi dalam komunitas.

Baca Juga: Kolaborasi Bitski dan Ledger, Buat Web3 Jadi Lebih Aman!

Pendiri Cardano, Charles Hoskinson, Menyerukan Pembaruan Desentralisasi

founder cardano
Sumber: Cryptoslate

Hoskinson memberikan tanggapannya mengenai kontroversi Ledger ini. Menurut Hoskinson, masalah ini menunjukkan pentingnya desentralisasi dalam pembaruan firmware dan perangkat lunak lainnya di ekosistem crypto. Dengan desentralisasi, pembaruan dapat dilakukan oleh banyak pihak, bukan hanya satu entitas, sehingga potensi terjadinya masalah serupa dapat diminimalisir.

Hoskinson juga menyarankan bahwa Ledger dan penyedia dompet crypto lainnya harus lebih transparan dalam proses pembaruan mereka. Mereka perlu menjelaskan secara rinci apa yang akan berubah dalam pembaruan, dan bagaimana perubahan tersebut akan mempengaruhi pengguna. Dengan demikian, pengguna dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang apakah mereka ingin melakukan pembaruan atau tidak.

Selain itu, Hoskinson juga mengungkapkan bahwa timnya sedang mengembangkan pembaruan desentralisasi untuk Cardano. Pembaruan ini akan memungkinkan pengguna untuk memilih pembaruan mana yang ingin mereka terapkan, alih-alih harus mengikuti pembaruan yang diputuskan oleh satu entitas. Ini adalah langkah besar menuju desentralisasi dan memberikan kontrol lebih banyak kepada pengguna.

Baca Juga: Sandbox Gandeng Ledger Enterprise untuk Mengamankan Bisnis Metaverse

Implikasi untuk Masa Depan Blockchain dan Cryptocurrency

Kontroversi Ledger dan respons Hoskinson berpotensi memiliki implikasi yang signifikan untuk masa depan teknologi blockchain dan cryptocurrency. Ini menggarisbawahi pentingnya pembaruan desentralisasi dan peran mereka dalam memastikan keamanan dan keandalan sistem. Kontroversi ini juga menunjukkan pentingnya transparansi dan komunikasi yang baik dalam komunitas crypto.

Referensi: