Pertama di Dunia, Changi Airport Merambah ke Metaverse dengan ‘ChangiVerse’ di Roblox!

author:

Pertama di Dunia, Changi Airport Merambah ke Metaverse dengan ‘ChangiVerse’ di Roblox!

Menjadi salah satu bandara populer dan terbaik di dunia, kini Changi Airport tercatat menjadi bandara pertama di dunia yang meluncurkan dunia virtual Metaversenya di Roblox.

Penasaran seperti apa keseruannya? Simak hingga akhir!

Bandara Changi Luncurkan ChangiVerse

changi airport metaverse
Twitter

Berdasarkan cuitan dari akun Twitter resmi Changi Airport pada 14 April 2023, bandara Changi Singapura adalah bandara pertama di dunia yang secara resmi menawarkan pengalaman bandara virtual di platform game global, Roblox, melalui ChangiVerse.

Di dalam ChangiVerse, pengguna berkesempatan menjelajahi dan memainkan game di Metaverse. Selain terminal dan landasan pacu, pemandangan yang ada di Changi airports, mencakup air terjun dalam ruangan yang ikonik dan dikelilingi oleh tanaman hijau subur di Jewel, menara pengawas Changi yang khas, serta atraksi pertunjukan dinosaurus di luar ruangan di Jurassic Mile juga hadir dalam dunia virtual tersebut.

Mulai April hingga September 2023, pengguna dapat berpartisipasi dalam permainan balap Changi Kart, di mana pembalap dengan waktu tercepat setiap bulannya berkesempatan untuk memenangkan sepasang tiket kelas ekonomi Singapore Airlines ke destinasi mana pun yang memiliki penerbangan langsung dengan maskapai ini.

Sementara itu, pemenang dari luar Singapura akan mendapatkan perjalanan ke Singapura dan kesempatan untuk melihat Bandara Changi secara langsung, kata Changi Airport Group (CAG) dalam sebuah pernyataan media.

Tidak berhenti sampai di situ, ChagiVerse juga menyediakan permainan mini seperti Check-in Champ, di mana para pemain membantu para pelancong menemukan kios check-in yang tepat untuk penerbangan mereka.

Baca juga: Bisa Beli Tiket Pesawat Pakai Crypto? Maskapai Ini Akan Aktifkan Fitur Mulai Q3 2023!

ChangiVerse Menyediakan Banyak Koleksi Unik

Dilansir dari The Straits Tims (14/4/23), seiring dengan kemahiran pemain dalam permainan, para pemain juga bisa mendapatkan koleksi unik seperti koper dan sayap untuk menambahkan beberapa bakat ekstra pada avatar digital mereka, atau bahkan mendapatkan skin untuk menyesuaikan pesawat di Plane Hangar.

Hingga saat ini, Roblox bisa dibilang sebagai platform game terbesar di dunia, dengan lebih dari 200 juta pengguna aktif. Pengalaman Metaverse Changi dari CAG ini adalah hasil dari kolaborasi bersama perusahaan layanan profesional, Accenture.

Dalam siaran pers, perwakilan dari Changi Airport Group (CAG)mengatakan,

“ChangiVerse bertujuan untuk merevolusi pengalaman bandara secara online, melintasi batasan fisik dan zona waktu untuk memungkinkan para penggemar Changi, atau mereka yang belum pernah bepergian melalui bandara, untuk menjelajahi, berinteraksi, dan terlibat dengan Changi di ruang digital,”

Jean Hung, wakil presiden senior grup CAG untuk divisi bisnis dan ekosistem digital perusahaan, juga turut berkomentar, “dengan semakin banyaknya pelanggan kami yang melek digital dan berinteraksi di dunia digital, ChangiVerse juga bertujuan untuk melibatkan pengguna dan melayani mereka dengan lebih baik melalui inovasi dan eksperimen.”

Respon Warga terhadap ChangiVerse

changi airport metaverse
Changi Airport

Changi Airport

Menurut laporan media lokal Singapura, beberapa orang tua yakin bahwa anak-anak mereka akan menikmati pengalaman yang ada di dalam ChangiVerse.

“Perpindahan bandara Changi ke dalam Metaverse di Roblox akan membuat para pemain muda belajar lebih banyak tentang berbagai aspek bandara dalam format yang edukatif dan menyenangkan,” ujar perwakilan dari orang tua, Abdul Malik, yang merupakan spesialis inventaris laboratorium dan memiliki dua orang anak berusia 13 dan 15 tahun.

Lebih lanjut, Malik mengatakan bahwa nantinya anak-anak dapat mengenal model bandara dengan baik, yang memicu minat anak-anak untuk mengetahui peluang karier yang tersedia di bandara, mulai dari ritel hingga layanan apron, dan masih banyak lagi.

Sebelumnya, pada awal Januari 2023 lalu, destinasi ikonis Singapura, Sentosa, juga terjun ke Metaverse dengan SentosaLand, tempat para pemain dapat mengambil bagian dalam pencarian online seperti balapan luge Siloso Speedway dan jalur petualangan Imbiah Magical Forest.

Terlepas dari inovasi dunia digitalnya, pada beberapa waktu lalu, bandara Changi telah dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia untuk ke-12 kalinya oleh perusahaan riset yang berbasis di London, Skytrax.

Keterlibatan sektor penerbangan dalam teknologi Web3 bukan hanya dilakukan oleh Changi Airport, pasalnya pada awal April 2023 kemarin, Salah satu maskapai di Argentina, Flybondi, telah menjadi maskapai pertama yang menerbitkan tiket penerbangan dalam bentuk non-fungible token, atau yang disebut NFTicket.

Mau tau lebih lanjut mengenai cara kerja NFTicket dari Flybondi? Telusuri selengkapnya di Maskapai Ini Terapkan NFTicket, Kini Beli Tiket Pesawat Bisa Dipakai Kapan Aja!


Referensi: