Chainlink: Fase Selanjutnya dari Tokenisasi Membutuhkan Integrasi Data Dunia Nyata

author:

Chainlink: Fase Selanjutnya dari Tokenisasi Membutuhkan Integrasi Data Dunia Nyata

Jakarta, Pintu News – Dunia keuangan digital terus berkembang, dan tokenisasi aset menjadi salah satu tren yang menarik perhatian.

Dalam laporan terbaru mereka yang berjudul “Beyond Token Issuance”, platform oracle blockchain, Chainlink menyoroti peluang besar bagi para manajer aset untuk terjun ke dunia tokenisasi.

Laporan ini membahas manfaat tokenisasi, pentingnya interoperabilitas, dan bagaimana data dunia nyata dapat membuka nilai aset yang tertokenisasi.

Kesempatan Manajer Aset untuk Terjun ke Tokenisasi

Peneliti dari platform oracle blockchain Chainlink meyakini bahwa para manajer aset memiliki kesempatan yang “besar” untuk terjun ke dalam tokenisasi seiring dengan terus berdigitalisasinya infrastruktur aset keuangan.

Baca juga: Chainlink Luncurkan Protokol Interoperabilitas Lintas Rantai (CCIP) untuk Ketersediaan Umum!

Dalam laporan industri yang berjudul “Beyond Token Issuance“, platform oracle blockchain Chainlink menjelaskan di mana peluang tersebut berada dan bagaimana interoperabilitas serta data dunia nyata dapat membuka nilai dari aset yang ditokenisasi.

Sumber: Chainlink

Lebih lanjut, laporan tersebut menjabarkan berbagai manfaat dari tokenisasi bagi manajer aset. Ini termasuk membuka modal yang tidak terpakai, meningkatkan ketersediaan aset, dan menciptakan model pendapatan yang baru.

Blockchain Terus Berkembang

Selain itu, Chainlink menyatakan bahwa manajer aset juga bisa menciptakan portofolio klien yang terpadu, membedakan penawaran layanan mereka, dan meningkatkan pengelolaan risiko karena tokenisasi memungkinkan penilaian risiko yang lebih otomatis.

Dalam laporan tersebut, Chainlink juga berargumen bahwa blockchain terus berkembang menjadi “komponen integral dari ekosistem keuangan yang ada.” Selain itu, perusahaan menekankan bahwa aset tradisional dan berbasis blockchain sudah mulai menyatu menjadi satu ekosistem keuangan.

Para peneliti percaya hal ini terjadi sebagai hasil dari digitalisasi yang terus menerus, karena blockchain menawarkan infrastruktur yang lebih unggul untuk penyimpanan aset dan transaksi.

Ryan Lovell, direktur pasar modal di Chainlink Labs, mengatakan kepada laman Cointelegraph bahwa tokenisasi telah berada dalam fase penelitian dan pengembangan selama beberapa tahun.

Baca juga: Tokenisasi Dana Pasar Uang BlackRock di Hedera, Harga HBAR Melonjak Gila-gilaan Hingga 93%

Lovell menjelaskan bahwa institusi membawa saldo akun sederhana ke dalam blockchain dan mencoba untuk memahami dampak potensial dari tokenisasi untuk bisnis mereka hanya pada level dasar. Lovell berkata:

“Ini seperti membangun mobil konsep tanpa mesin atau interior — hanya kerangka dasar dari apa yang akan dihadapi di masa depan.”

Namun, eksekutif tersebut percaya bahwa fase berikutnya untuk tokenisasi akan lebih banyak tentang membangun infrastruktur dasar. Hal ini diperlukan untuk membuat aset yang ditokenisasi dapat dikomposisi dan diprogram di seluruh sistem tradisional serta rantai pribadi dan publik.

Potensi Tokenisasi dalam Meningkatkan Efisiensi dan Transparansi Sistem Keuangan

Sementara itu, eksekutif Chainlink percaya bahwa memperkaya token dengan data dunia nyata dan membiarkan mereka menjadi interoperabel di antara blockchain dan sistem tradisional dapat membuka aplikasi yang kuat.

Lovell mengatakan bahwa penggunaan kasus ini akan menampilkan lebih banyak transparansi, biaya yang lebih rendah, dan proses administratif yang lebih efisien dibandingkan dengan infrastruktur keuangan tradisional.

“Kami sedang aktif bekerja pada beberapa inisiatif menarik saat ini untuk memungkinkan institusi untuk melampaui sekedar penerbitan token, mengelola aset yang ditokenisasi sepanjang siklus hidupnya, dan bertransaksi di seluruh ekonomi lintas-rantai,” tambah Lovell.

Secara keseluruhan, tokenisasi aset merupakan tren yang memiliki potensi besar untuk mengubah dunia keuangan. Dengan menawarkan berbagai manfaat seperti membuka modal yang tidak aktif, meningkatkan ketersediaan aset, menciptakan model pendapatan baru, dan meningkatkan manajemen risiko, tokenisasi menjadi pilihan menarik bagi para manajer aset.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Crypticker.io