Swift dan Chainlink Uji Coba Koneksi Institusi Keuangan ke Jaringan Blockchain

author:

Swift dan Chainlink Uji Coba Koneksi Institusi Keuangan ke Jaringan Blockchain

Swift, sistem pesan antar bank, dan Chainlink, penyedia data dunia nyata ke blockchain, akan berkolaborasi dengan belasan institusi keuangan untuk menguji bagaimana mereka dapat terhubung dengan beberapa jaringan blockchain, menurut siaran pers pada hari Selasa (6/6/23) .

Dalam serangkaian eksperimen baru, Swift akan bermitra dengan institusi keuangan tradisional besar. Tujuannya adalah untuk menguji bagaimana institusi-institusi ini dapat menggunakan infrastruktur Swift untuk menginstruksikan transfer aset yang ditokenisasi melintasi blockchain.

chainlink dan swift berkolaborasi
BitNewsBot

Swift dan Chainlink akan bekerja sama dengan lebih dari 12 bank besar di seluruh dunia untuk menguji penggunaan infrastruktur Swift yang ada untuk mentransfer aset yang ditokenisasi melintasi jaringan blockchain publik dan pribadi.

Bank yang bekerja sama dengan Swift dan Chainlink termasuk Citi, BNY Mellon, Lloyds Banking Group, Depository Trust and Clearing Corporation, BNP Paribas, Australia and New Zealand Banking Group Limited, Clearstream, Euroclear, dan SIX Digital Exchange.

Menurut siaran pers, percobaan ini dimaksudkan untuk menggunakan infrastruktur, standar, dan pesan Swift yang ada untuk memungkinkan transfer antara sistem saat ini dan jaringan DLT publik dan pribadi.

Baca juga: SushiSwap Berkolaborasi dengan ThunderCore untuk Meningkatkan Sektor Gaming Web3

“Tidak mungkin ada satu jaringan blockchain yang mendominasi. Dalam ekosistem yang sangat terfragmentasi, tidak mungkin bagi institusi keuangan untuk terhubung ke setiap platform secara individual. Itulah mengapa komunitas bekerja dengan Swift untuk mengembangkan model interoperabilitas yang akan memungkinkan akses ke platform yang berbeda secara global.” kata Tom Zschach, Chief Innovation Officer di Swift.

Chainlink, yang terkenal dengan jaringan oracle blockchain publiknya, juga memiliki solusi interoperabilitas blockchain, yaitu Protokol Interoperabilitas Cross-Chain (CCIP).

“Jika bahkan sebagian kecil dari nilai triliunan dolar yang mengalir melalui jaringan Swift dan lebih dari 11.000 bank anggota masuk ke blockchain, seluruh industri blockchain bisa tumbuh beberapa kali lebih besar dengan sangat cepat,” kata Sergey Nazarov, co-founder Chainlink.

Tiga Kasus Penggunaan untuk Uji Coba

Terdapat tiga kasus penggunaan yang direncanakan untuk uji coba. Pertama, transfer antara dua dompet test net Ethereum akan dilakukan. Kemudian akan menguji transfer dari blockchain publik ke blockchain yang diizinkan. Dan akhirnya, akan mengeksplorasi transfer antara Ethereum dan blockchain publik lainnya.

Lebih lanjut, uji coba ini juga akan melihat bagaimana industri bisa mengatasi hambatan operasional dan regulasi potensial yang dihadapi bank dalam lingkungan blockchain. Ada lebih dari 11.000 bank dan institusi keuangan yang terhubung ke jaringan SWIFT.

Dampak Uji Coba Interoperabilitas pada Industri Keuangan

arti logo chainlink
Crypticker.io

Uji coba interoperabilitas yang dilakukan Swift dan Chainlink menunjukkan potensi besar dari integrasi antara sistem pesan antar bank dan jaringan blockchain. Dengan fokus pada inovasi dan peningkatan pengalaman pengguna, uji coba ini berpotensi membawa perubahan signifikan dalam industri keuangan.

Selain itu, uji coba ini juga menunjukkan komitmen Swift dan Chainlink untuk memudahkan pengguna dan meningkatkan efisiensi dalam transaksi keuangan. Ini menunjukkan bahwa teknologi blockchain dapat “menghasilkan efisiensi, mengurangi biaya,” dan proses penyelesaian yang disederhanakan dapat menarik lebih banyak investor ke pasar pribadi serta meningkatkan likuiditas, menurut Swift dalam rilisnya.

Baca juga: Inovatif! Turbos Finance Luncurkan Smart Routing untuk Stablecoin di Jaringan Sui

Secara keseluruhan, uji coba interoperabilitas ini menunjukkan potensi besar dari Swift dan Chainlink sebagai pemimpin dalam industri keuangan dan blockchain. Dengan fokus pada inovasi dan peningkatan pengalaman pengguna, mereka berpotensi membawa perubahan signifikan dalam industri ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: