Chainlink Luncurkan Protokol Cross-Chain, Guncang Dunia Blockchain dan Pasar Modal Tradisional!

Chainlink Luncurkan Protokol Cross-Chain, Guncang Dunia Blockchain dan Pasar Modal Tradisional!

Chainlink, oracle data dominan, telah meluncurkan Protokol Interoperabilitas Lintas Rantai (CCIP) di Mainnet-nya. Fase akses awal mendukung jaringan Avalanche, Ethereum, Optimism, dan Polygon (MATIC), dengan CCIP juga diadopsi oleh protokol pinjaman DeFi seperti Aave dan Synthetix.

Chainlink mengatakan bahwa model keamanan yang sama yang mendukung oracle harga—yang dirancang untuk tahan terhadap serangan flash-loan dan mampu menahan ancaman yang umum diketahui—ada di balik protokol ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

CCIP: TCP/IP Keuangan

ccip chainlink
Sumber: Akun Twitter Chainlink

Dilansir dari Decrypt, CCIP bertujuan menjadi “TCP/IP keuangan,” kata Sergey Nazarov, salah satu pendiri Chainlink, merujuk pada arsitektur inti internet yang dibuat hampir 50 tahun lalu. “CCIP menciptakan sistem komunikasi standar antara rantai yang berbeda. Dalam lingkup blockchain publik, ini akan digunakan untuk menghubungkan aplikasi DeFi dengan sejumlah rantai lain,” ujar Nazarov.

“Jaringan ini akan mendapatkan manfaat dari sistem keamanan yang sangat besar, melalui jaringan manajemen aktif yang baru dibuat,” tambahnya.

Fokusnya bukan hanya pada cryptocurrency. “Melalui CCIP, kami akan menciptakan dinamika publik-privat yang akan memberikan akses ke keuangan tradisional ke aset digital, dan ruang cryptocurrency ke triliunan dolar,” jelas Nazarov, dikutip dari Decrypt, Selasa (18/7/2023).

Baca Juga: Baru! Chainlink VRF Hadir di Arbitrum One, Apa Artinya Bagi Industri Crypto?

Adopsi Awal oleh Aave dan Synthetix

protokol ccip
Diagram yang menggambarkan bagaimana lembaga keuangan dapat menggunakan CCIP untuk bertransaksi secara on-chain. Sumber: Chainlink

Aave dan Synthetix, dua pemimpin DeFi, adalah pengguna awal dari CCIP. Aave adalah protokol pinjaman yang memungkinkan pengguna meminjam dan meminjamkan aset di blockchain. BGD Labs, sebuah inisiatif pengembangan Web3, sedang mengintegrasikan CCIP ke dalam Protokol Aave untuk mempersiapkan sistem tata kelola lintas rantai di masa depan.

Synthetix adalah protokol DeFi yang bertindak sebagai lapisan likuiditas untuk ekosistem derivatif dan instrumen keuangan on-chain.

Salah satu penambahan terbarunya, Synth Teleporter, memberikan pengguna metode yang disederhanakan untuk mentransfer likuiditas Synth antar rantai. Fitur ini beroperasi dengan membakar sUSD (unit akun protokol) di rantai sumber, kemudian mencetak jumlah sUSD yang setara di rantai tujuan.

Baca Juga: Swift dan Chainlink Uji Coba Koneksi Institusi Keuangan ke Jaringan Blockchain

Kolaborasi dengan Institusi Keuangan Global

Selain adopsi CCIP oleh aplikasi DeFi terkemuka di dunia, Swift dan lebih dari selusin institusi keuangan dan penyedia infrastruktur pasar keuangan telah mulai bekerja dengan CCIP untuk pengiriman pesan dan transfer token lintas rantai publik dan pribadi.

Grup awal yang berpartisipasi dalam kolaborasi CCIP terdiri dari infrastruktur pasar terbesar di dunia, bank global dan penjaga terbesar berdasarkan AUM, termasuk The Depository Trust and Clearing Corporation (DTCC), Euroclear, Citi, BNY Mellon, BNP Paribas, Lloyds Banking Group, Clearstream, SIX Digital Exchange (SDX), dan Australia and New Zealand Banking Group (ANZ).

Peluncuran CCIP oleh Chainlink menandai langkah penting dalam menghubungkan dunia keuangan tradisional dengan dunia blockchain. Dengan adopsi awal oleh pemimpin DeFi dan kolaborasi dengan institusi keuangan global, Chainlink membuka jalan bagi interoperabilitas yang lebih besar dan efisiensi dalam transaksi keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: