Hore! Chainlink Functions Debut di Avalanche, Apa Aja Keuntungannya?

author:

Hore! Chainlink Functions Debut di Avalanche, Apa Aja Keuntungannya?

Chainlink Functions, platform pengembang serverless, kini telah diluncurkan secara live di Avalanche Fuji testnet. Fungsinya adalah memberikan kesempatan bagi pengguna untuk menghubungkan smart contract dengan Web2 API.

Lebih lanjut, Chainlink Functions diyakini dapat membuka pintu baru dalam mengintegrasikan Web2 dan Web3. Melalui ini, pengembang web dapat melakukan komputasi AI, layanan perpesanan, dan fungsi lainnya.

Membangun Aplikasi Web3 yang Inovatif

Dalam skenario saat ini, para pengembang akan dapat menciptakan aplikasi generasi baru di Web3. Bagi pengembang smart contract yang bekerja dalam ekosistem Avalanche, mereka kini akan dapat menggunakan Chainlink Functions untuk menghubungkan Web2 API, bersama dengan layanan cloud, dalam konteks smart contract mereka.

Secara singkat, Chainlink Functions memungkinkan para pengembang Web3 menghubungkan smart contract mereka dengan off-chain dalam waktu singkat.

Begitu smart contract terhubung dengan dunia nyata, berbagai pilihan akan terbuka. Pengembang dapat menciptakan aplikasi Web3 yang lebih canggih yang memberikan kejelasan, aspek keamanan, dan efektivitas yang disediakan oleh blockchain.

peran chainlink functions
Cryptonewsz

Mengutip Cryptonewsz, secara keseluruhan, Chainlink Functions berfungsi sebagai runtime komputasi terdesentralisasi untuk menguji, mensimulasikan, dan melaksanakan logika kustom off-chain dalam aplikasi Web3 seperti AWS, Lambda, GCP CloudFunctions, dan Cloudflare Workers.

Dengan menggunakan kerangka kerja blockchain yang paling efektif untuk konektivitas Oracle dan komputasi, para pengembang dapat mengerjakan aplikasi terdesentralisasi mereka sambil mengandalkan masalah konektivitas, faktor keamanan, dan keandalan yang terkait dengan jaringan Chainlink.

Tidak hanya itu, pengembang juga dapat memenuhi persyaratan data eksternal dan komputasi mereka tanpa perlu berinteraksi dengan operator node.

Keuntungan bagi Pengembang

Melalui ini, pengembang dapat menikmati banyak keuntungan saat menciptakan dengan Chainlink Functions. Pertama, ada konektivitas yang sangat luas.

Kedua, ada komputasi yang dapat disesuaikan. Ketiga, ada faktor keamanan yang meminimalkan kepercayaan, dan yang terakhir, ada skenario runtime tanpa server.

Menurut John Nahas, Wakil Presiden Pengembangan Bisnis di Ava Labs, integrasi Chainlink Functions membuka pintu bagi berbagai kasus penggunaan smart contract baru dalam ekosistem Avalanche (AVAX).

Hal tersebut membantu membuat eksposur pengembang lebih nyaman dalam menghubungkan aplikasi Web3 dengan sumber data Web2. Sementara itu, Kemal El Moujahid, Chief Product Officer dari Chainlink Labs, menyatakan kegembiraannya akan penambahan Chainlink Functions yang akan membantu meningkatkan kemampuan pengembang Avalanche (AVAX) untuk menghubungkan smart contract mereka dengan API Web2 saat ini.

Baca juga: Prediksi Harga Avalanche 2023, 2025, 2030: Bulls Pegang Kendali, AVAX Siap Melambung ke Rp5,3 Juta?

Secara singkat, Chainlink adalah standar untuk platform layanan Web3 dan telah berperan dalam melaksanakan transaksi dalam jumlah besar di seluruh DeFi, asuransi, permainan, NFT, dan industri utama lainnya.

Sementara itu, Avalanche (AVAX) adalah platform kontrak pintar yang dirancang untuk peningkatan tanpa batas dan menyelesaikan transaksi dalam waktu hampir nol. Avalanche memiliki dua protokol konsensus, kerangka kerja Subnet, dan toolkit HyperSDK, yang memungkinkan bisnis menyediakan solusi blockchain kustom.

Dampak Positif bagi Ekosistem Blockchain

peran chainlink functions
Medium

Peluncuran Chainlink Functions di Avalanche Fuji testnet menandai langkah maju yang signifikan dalam dunia blockchain dan Web3. Dengan Chainlink Functions, pengembang memiliki akses ke alat yang lebih baik untuk menciptakan aplikasi Web3 yang inovatif dan terhubung ke sumber data Web2.

Baca juga: DeBridge Luncurkan Produk Infrastruktur Perdagangan tanpa Liquidity Pool

Melalui kolaborasi antara Chainlink dan Avalanche, pengembang akan dapat menciptakan solusi yang lebih canggih, aman, dan efisien untuk berbagai sektor industri. Dukungan yang kuat dari Chainlink Functions akan memastikan bahwa pengembang memiliki dukungan yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan dalam menciptakan aplikasi generasi baru.


Referensi: