Terungkap! CFTC akan Soroti Pasar DeFi, Apa Dampaknya Bagi Crypto?

author:

Terungkap! CFTC akan Soroti Pasar DeFi, Apa Dampaknya Bagi Crypto?

Apakah kamu siap untuk menyelami dunia crypto yang terus berkembang? Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) baru-baru ini mengumumkan fokus mereka pada pasar keuangan terdesentralisasi (DeFi), menandakan langkah besar dalam pengawasan regulasi.

Hal ini bisa menjadi titik balik bagi industri crypto dan kamu tidak ingin ketinggalan informasi ini!

Regulasi DeFi di Bawah Sorotan CFTC

regulasi defi
Sumber: Financial Times

CFTC telah menetapkan pandangan mereka pada pasar DeFi, yang menjanjikan transparansi dan efisiensi tetapi juga membawa potensi risiko. Sebuah komite penasihat CFTC mendesak badan tersebut untuk mempelajari lebih dalam tentang DeFi.

Baca juga: Buntut dari Skandal, Binance akan Membayar Denda ke CFTC Senilai $2,7 Miliar!

Mereka percaya bahwa pemahaman yang lebih baik akan membantu menghindari konsekuensi yang tidak diinginkan. Laporan yang akan dihasilkan diharapkan memberikan wawasan kepada otoritas tentang keadaan pasar DeFi saat ini. Komisi ini juga menyoroti bahwa desain dan fitur sistem DeFi menentukan manfaat dan risiko yang ada.

Masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya garis tanggung jawab yang jelas, yang dapat mengakibatkan kebingungan dalam penegakan hukum. Laporan ini akan menjadi yang pertama dari komite penasihat pemerintah mengenai pasar DeFi.

Pertarungan Wilayah Regulasi Crypto

Pada Desember 2023, Ketua CFTC Rostin Behnam menyatakan bahwa sebagian besar aset digital dapat dianggap sebagai komoditas. Namun, ia juga mengakui adanya perselisihan antara CFTC dan SEC (Komisi Sekuritas dan Bursa AS) mengenai siapa yang berhak mengatur industri crypto.

Perselisihan ini menciptakan ketidakpastian dalam regulasi crypto, dengan kedua badan tersebut belum dapat menyepakati siapa yang akan mengawasi sektor ini.

Baca juga: Rekor Baru! CFTC AS Tindak Kasus Crypto Sebanyak 50% di Tahun 2023

Implikasi Bagi Pasar Crypto dan ETF

Fokus CFTC pada DeFi mungkin memiliki dampak signifikan pada pasar crypto secara keseluruhan, termasuk pada produk seperti ETF crypto. Dengan meningkatnya antisipasi untuk persetujuan ETF Bitcoin, pasar bereaksi dengan volatilitas.

Misalnya, Ethereum mencapai titik terendah dalam 32 bulan terakhir dibandingkan dengan Bitcoin. Sementara itu, Grayscale dan penyedia ETF lainnya bersiap dengan produk mereka, menunggu keputusan regulasi yang akan datang.

Pasar crypto juga menantikan kejelasan dari regulator terkait produk ETF, yang diharapkan dapat memberikan angin segar bagi aset digital lainnya. Dengan adanya perhatian yang meningkat dari CFTC, kita mungkin akan melihat perubahan dalam cara pasar crypto beroperasi dan diatur.

Pada akhirnya, ketika CFTC mengambil langkah maju dalam mengatur DeFi, ini menandakan era baru dalam pengawasan pasar crypto. Dengan laporan yang akan datang dan potensi perubahan regulasi, kamu harus tetap terinformasi.

Perubahan ini tidak hanya akan mempengaruhi DeFi, tetapi juga keseluruhan ekosistem crypto, termasuk ETF dan produk terkait lainnya. Jangan lewatkan perkembangan selanjutnya dalam narasi regulasi crypto ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: