CFTC Bertindak Tegas Terhadap DeFi! Apa Kata Para Pemangku Kepentingan?

CFTC Bertindak Tegas Terhadap DeFi! Apa Kata Para Pemangku Kepentingan?

Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC) semakin meningkatkan fokusnya pada keuangan terdesentralisasi (DeFi). Dengan tindakan penegakan hukum yang meningkat dan pernyataan dari para pemimpinnya, CFTC menunjukkan niatnya untuk mengatur ruang DeFi dengan lebih ketat. Simak berita lengkapnya beriku ini!

Pendekatan CFTC Terhadap DeFi

CFTC telah menyelesaikan beberapa kasus terhadap protokol DeFi utama dan menekankan pentingnya pengawasan proaktif di ruang DeFi yang berkembang pesat.

Ketua CFTC, Rostin Behnam, membandingkan situasi di DeFi dengan dunia di mana hanya beberapa individu yang memerlukan surat izin mengemudi, menekankan kebutuhan regulasi.

CFTC baru-baru ini menyelesaikan kasus dengan Opyn, ZeroEx, dan Deridex, yang menimbulkan denda yang signifikan karena melanggar regulasi CFTC.

Baca Juga: Badan Perdagangan Eropa Beberkan Pentingnya DeFi dalam MiCA

Reaksi dari Komunitas Crypto

Summer Mersinger, komisioner CFTC, telah menunjukkan dirinya sebagai pembela industri crypto, menentang pendekatan “regulasi melalui penegakan” yang diambil oleh CFTC.

Mersinger menekankan bahwa layanan keuangan adalah industri yang sangat diatur dan bahwa ide bahwa protokol dapat beroperasi di luar regulasi tersebut tidak realistis.

CEO Coinbase, Brian Armstrong, mengajak protokol DeFi untuk menantang CFTC di pengadilan, percaya bahwa tindakan tersebut mendorong industri penting ke luar negeri.

Baca Juga: Geram! Industri Crypto Menentang Rencana SEC untuk Mengatur DeFi seperti Bursa Sentralisasi

Kerjasama dan Klarifikasi di Masa Depan

cftc crypto
Sumber: News4Social English

Menurut Coingape, kerjasama dengan badan regulasi menjadi jalan yang ditempuh oleh beberapa entitas, seperti ZeroEx yang bekerja sama dengan CFTC.

Mersinger mengkritik pendekatan Ketua CFTC, Rostin Behnam, dan Ketua SEC, Gary Gensler, terhadap regulasi kripto dan menyerukan kerjasama yang lebih erat antara kedua badan tersebut.

Ada usulan dari Komisioner CFTC, Caroline Pham, untuk meluncurkan “sandbox” regulasi untuk aset digital, tetapi Mersinger memperingatkan bahwa itu akan tidak efektif tanpa partisipasi SEC.

    Dengan meningkatnya perhatian pada DeFi dan tindakan penegakan hukum yang meningkat, penting bagi industri untuk bekerja sama dengan regulator untuk memastikan bahwa inovasi dapat terus berkembang sambil memastikan perlindungan konsumen dan integritas pasar.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: