Rekor Baru! CFTC AS Tindak Kasus Crypto Sebanyak 50% di Tahun 2023

Rekor Baru! CFTC AS Tindak Kasus Crypto Sebanyak 50% di Tahun 2023

Tahun 2023 menjadi tonggak sejarah bagi Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas Amerika Serikat (CFTC) dalam penegakan hukum terhadap aset digital. Dalam laporan tahunannya, CFTC mencatat peningkatan tajam dalam kasus crypto, dengan hampir setengah dari total kasus yang ditangani berkaitan dengan aset digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penegakan Hukum Crypto Meningkat

Pada tahun fiskal 2023, CFTC meluncurkan 96 tindakan penegakan hukum terhadap berbagai pelanggaran, termasuk penipuan dan manipulasi pasar. Menariknya, hampir setengah dari tindakan tersebut ditujukan pada pelanggaran yang berkaitan dengan aset digital.

Dari total kasus tersebut, CFTC menginisiasi 47 tindakan di sektor komoditas aset digital, yang mencakup lebih dari 49% dari semua kasus yang diajukan selama periode tersebut. CFTC juga berhasil mengumpulkan denda, restitusi, dan pengembalian dana sebesar lebih dari $4,3 miliar.

Ketua CFTC, Rostin Behnam, menekankan komitmen CFTC dalam mencegah penipuan dan manipulasi di pasar AS dan mengakui dedikasi staf dalam memastikan akuntabilitas di antara peserta pasar yang diatur oleh CFTC.

Baca Juga: CFTC Bertindak Tegas Terhadap DeFi! Apa Kata Para Pemangku Kepentingan?

Kasus Besar dan Dampak Whistleblower

kasus besar crypto
Sumber: Akun X CFTC

Laporan CFTC menyoroti beberapa kasus profil tinggi dalam berbagai aset yang diperdagangkan. Di antaranya adalah tindakan crypto terhadap Sam Bankman-Fried dan entitas terkait atas dugaan skema penipuan senilai miliaran dolar. Tahun ini juga melihat tuntutan terhadap platform pinjaman aset digital Binance karena beroperasi sebagai kolam komoditas yang tidak terdaftar.

Program Whistleblower juga berperan penting dalam keberhasilan penegakan hukum CFTC. Dalam tahun fiskal 2023, CFTC memberikan tujuh penghargaan kepada individu yang informasinya mengarah pada tindakan penegakan hukum yang berhasil. Total penghargaan yang diberikan sejak dimulainya program ini mencapai hampir $350 juta.

Tahun 2023 menjadi bukti nyata dari komitmen CFTC dalam menegakkan hukum di pasar aset digital. Dengan peningkatan kasus crypto dan penegakan hukum yang semakin ketat, CFTC berharap dapat melindungi konsumen dan memastikan integritas pasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: