Heboh! CEO VARA Dubai Mengundurkan Diri, Siapakah Penggantinya?

Heboh! CEO VARA Dubai Mengundurkan Diri, Siapakah Penggantinya?

Berita mengejutkan datang dari sektor crypto Dubai. Henson Orser, CEO Otoritas Regulasi Aset Virtual (VARA) Dubai, telah mengumumkan keputusannya untuk mengundurkan diri. Lantas, siapakah yang akan mengisi posisi kosong tersebut? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Transisi Kepemimpinan di VARA

henson orser
Sumber: Bloomberg

Henson Orser, mantan bankir yang pernah berkarir di Nomura Holdings, memilih untuk melepaskan posisinya sebagai CEO VARA. Orser telah memimpin VARA dalam menerapkan rezim regulasi untuk ruang crypto yang mulai berlaku sejak awal tahun 2023.

Meski begitu, Orser tidak akan sepenuhnya meninggalkan VARA. Dia akan tetap berkontribusi sebagai konsultan. Matthew White, penasihat global yang memiliki pengalaman di berbagai posisi di PwC, akan menggantikan posisi Orser sebagai CEO baru VARA.

White telah berkolaborasi dengan VARA sebagai konsultan dan kini dipercaya untuk memimpin otoritas regulasi aset virtual ini.

Baca Juga: Diberi Deadline, Dubai dengan Tegas Atur Lisensi Perusahaan Crypto!

VARA dan Regulasi Crypto di UAE

regulasi crypto uae
The image created by OpenAI

Transisi kepemimpinan ini terjadi di tengah Uni Emirat Arab (UAE) yang sedang memperketat regulasi dan memberlakukan sanksi pada penyedia layanan aset virtual (VASPs) yang tidak memiliki lisensi. Beberapa regulator di UAE merilis panduan bersama untuk VASPs pada 8 November.

Panduan baru ini mencakup berbagai sanksi untuk VASPs yang beroperasi di yurisdiksi tanpa lisensi yang sesuai. Langkah ini merupakan bagian dari upaya UAE untuk dihapus dari “daftar abu-abu” Financial Action Task Force, di mana negara ini ditambahkan pada tahun 2022.

Baca Juga: Terobosan Baru di Dubai: WadzPay Dapat Lampu Hijau, Apa Kabar Dunia Crypto?

Orser dan Masa Depan VARA

Meski Orser telah mengundurkan diri, dia akan tetap berpartisipasi dalam kapasitas konsultatif. VARA menegaskan bahwa komitmen Orser terhadap VARA tetap kuat dan dia akan tetap tersedia dalam kapasitas konsultatif.

Dengan kepemimpinan baru di bawah Matthew White, VARA diharapkan dapat melanjutkan operasi pasar skala penuhnya pada tahun 2023 dan terus memperketat regulasi crypto di UAE.

Transisi kepemimpinan ini menandai era baru bagi VARA dan industri crypto di Dubai. Dengan pengalaman dan keahlian Matthew White, diharapkan VARA dapat terus memainkan peran penting dalam pengaturan dan pengembangan pasar crypto di UAE.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: