CEO Pantera Capital: “Bitcoin ETF Merupakan Peristiwa ‘Buy the Rumor, Buy the News'”

CEO Pantera Capital: “Bitcoin ETF Merupakan Peristiwa ‘Buy the Rumor, Buy the News'”

Kemungkinan persetujuan Bitcoin ETF di Amerika Serikat telah menjadi sorotan utama dalam beberapa minggu terakhir. Dan Morehead, CEO dan pendiri Pantera Capital, memberikan pandangan menarik tentang topik ini dalam “Blockchain Letter” terakhirnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Konteks Historis

Morehead mempertanyakan ungkapan Wall Street klasik, “Beli gosip, jual fakta,” dan meragukan relevansinya dalam konteks ETF spot saat ini. Dia merenungkan bagaimana ungkapan ini berlaku di masa lalu, dengan merujuk khusus pada peluncuran CME Futures dan penawaran umum Coinbase.

Kedua peristiwa ini menunjukkan peningkatan harga yang signifikan di pasar BTC sebelum acara mereka masing-masing, diikuti oleh penurunan drastis, sesuai dengan prediksi ungkapan tersebut.

Baca Juga: JPMorgan Memperkirakan ETF Bitcoin akan Disetujui pada Akhir Tahun 2023!

Bitcoin ETF Merupakan Peristiwa “Beli Gosip, Beli Fakta”

pantera etf btc
Sumber: Pantera Website

Dalam analisisnya yang mendalam, Morehead menggambarkan bagaimana pasar Bitcoin meningkat secara dramatis, hingga 2.448%, menjelang peluncuran CME futures. Namun, tren bullish ini tiba-tiba berbalik pada hari futures tersebut terdaftar, menandai awal penurunan 84% ke pasar bear.

Dia menarik paralel ini dengan skenario penawaran umum Coinbase, di mana pasar kembali melonjak, kali ini sebesar 848%, mencapai puncaknya pada hari penawaran Coinbase, hanya untuk diikuti oleh penurunan 76%.

Baca Juga: Prediksi Harga Bitcoin, ETF Bitcoin Spot BlackRock Berpotensi Dorong BTC hingga Rp887 Juta!

Dampak Potensial dari Bitcoin ETF

Morehead berpendapat bahwa ETF spot akan mewakili langkah penting dalam adopsi. Berbeda dengan futures, yang dia anggap sebagai “langkah mundur,” ETF spot dapat mengubah dasar akses ke BTC, membuka investor baru dan berpotensi mengubah fungsi permintaan untuk Bitcoin secara permanen.

Morehead percaya bahwa skenario ETF spot ini berbeda secara fundamental. Dia menegaskan, “ETF BlackRock secara fundamental mengubah akses ke Bitcoin. Ini akan memiliki dampak besar (positif).”

Dalam kesimpulannya, Morehead kembali ke pertanyaan awal tentang peluncuran ETF sebagai acara “jual fakta”. Dia berpendapat, “Beli gosip, beli fakta.” Frase ini merangkum keyakinannya bahwa, berbeda dengan acara masa lalu, pengenalan Bitcoin ETF tidak akan mengarah ke penjualan tetapi akan menandai awal era baru dalam investasi Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: