CEO Grayscale Desak Regulator Setujui Opsi Terdaftar untuk ETF Spot Bitcoin!

author:

CEO Grayscale Desak Regulator Setujui Opsi Terdaftar untuk ETF Spot Bitcoin!

Dalam sebuah postingan pada tanggal 5 Februari, CEO Grayscale, Michael Sonnenshein, mengadvokasi regulator untuk menyetujui opsi yang terdaftar di bursa untuk exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot.

Ia berpendapat bahwa opsi tersebut baik untuk investor karena mendukung “penemuan harga dan dapat membantu investor menavigasi kondisi pasar dengan lebih baik atau mencapai hasil yang diinginkan, seperti menghasilkan pendapatan.”

Opsi yang Terdaftar di Bursa

Sumber: X

Opsi yang diperdagangkan di bursa adalah kontrak standar yang dapat digunakan untuk membeli (menggunakan opsi beli) atau menjual (menggunakan opsi jual) sejumlah aset keuangan tertentu pada harga yang telah ditentukan (harga kesepakatan) pada atau sebelum tanggal tertentu.

Baca juga: Investor Legendaris Jim Rogers Katakan “Bitcoin Bukan Ancaman Bagi Pemerintah”

Dengan perdagangan opsi, investor dapat membuat prediksi tentang pergerakan masa depan saham atau obligasi tertentu dan pasar saham secara keseluruhan. Berdasarkan kontrak opsi, pedagang memiliki pilihan — tetapi bukan kewajiban — untuk membeli atau menjual aset dasar pada tanggal tertentu dengan harga yang telah ditentukan.

Opsi ini diperdagangkan di bursa seperti Chicago Board Options Exchange (Cboe) dan diatur oleh United States Commodity Futures Trading Commission (CFTC) dan Securities and Exchange Commission (SEC).

Lembaga kliring seperti Options Clearing Corporation (OCC) memberikan jaminan untuk bursa.

Perlakuan yang Sama untuk Produk yang Serupa

Sumber: X

Sonnenshein mencatat bahwa ketika SEC menyetujui ETF berjangka Bitcoin (BTC) pertama pada bulan Oktober 2021, opsi yang terdaftar untuk ETF tersebut tersedia untuk diperdagangkan sejak hari berikutnya karena efektivitas otomatis, yang memungkinkan mereka untuk bergantung pada aturan yang ada.

Namun, aturan serupa tidak berlaku untuk ETF berbasis komoditas, seperti ETF Bitcoin spot yang baru-baru ini disetujui, karena ETF ini harus melalui tinjauan yang berpotensi panjang seperti proses 19b-4 untuk ETF Bitcoin spot itu sendiri.

CEO Grayscale menyerukan perlakuan yang sama untuk produk serupa, dengan mengutip contoh ETF berbasis BTC berjangka dan spot.

Dengan cara yang sama, ETF berjangka bitcoin dan ETF spot bitcoin harus (dan sekarang) diperlakukan sama, begitu pula dengan opsi yang terdaftar pada produk ini.

Baca juga: Grayscale Bitcoin Trust (GBTC): Investasi Bitcoin yang Mudah dan Aman!

Dukungan dari Bursa dan Analis

Sonnenshein menambahkan bahwa Bursa Efek New York dan bursa nasional lainnya baru-baru ini mengajukan Formulir 19b-4 untuk mengubah standar pencatatan guna mengizinkan opsi yang terdaftar pada ETF berbasis komoditas, termasuk ETF Bitcoin spot.

SEC saat ini sedang meninjau aplikasi untuk opsi yang terdaftar pada ETF BTC spot dan telah membuka komentar untuk opsi yang diusulkan BlackRock dengan Cboe.

Analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas, menyarankan SEC dapat membuat keputusan paling cepat pada tanggal 15 Februari 2024 atau paling lambat pada bulan September 2024.

CEO Grayscale mengakhiri postingannya dengan mengadvokasi ETF Bitcoin spot dan kelas aset kripto untuk diperlakukan secara adil.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: