CEO Bitfarms Digugat $27 Juta, Langsung Dipecat!

CEO Bitfarms Digugat $27 Juta, Langsung Dipecat!

Jakarta, Pintu News – Perusahaan penambangan Bitcoin, Bitfarms, baru saja memecat CEO mereka, Geoffrey Morphy. Pemberhentian ini dilakukan setelah Morphy mengajukan gugatan hukum terhadap perusahaan tersebut sebesar $27 juta atau sekitar Rp396 miliar.

Gugatan tersebut diajukan di Pengadilan Tinggi Ontario, Kanada, pada 10 Mei lalu. Morphy mengklaim bahwa Bitfarms telah melakukan pelanggaran kontrak, pemecatan yang salah, serta ganti rugi yang besar dan hukuman. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kronologi Pemberhentian CEO Bitfarms

penambangan bitcoin bitfarms meningkat
Sumber: Bitcoin Magazine

Morphy awalnya ditunjuk sebagai Presiden dan CEO Bitfarms pada akhir tahun 2022. Namun, pada 25 Maret 2023, perusahaan mengumumkan bahwa Morphy akan meninggalkan perusahaan setelah pencarian penggantinya selesai.

Morphy tetap memimpin perusahaan selama masa transisi untuk memastikan kelancaran operasional. Namun, hubungan antara Morphy dan Bitfarms tampaknya memburuk. Pada hari Jumat, Morphy mengajukan gugatan terhadap Bitfarms, mengklaim ganti rugi atas pelanggaran kontrak, pemecatan yang salah, serta ganti rugi yang besar dan hukuman.

Total gugatan yang diajukan mencapai $27 juta. Bitfarms menyatakan bahwa mereka menganggap gugatan tersebut tidak berdasar dan akan membela diri dengan penuh semangat. Perusahaan juga mengumumkan bahwa Morphy tidak lagi menjabat sebagai direktur perusahaan.

Baca Juga: Bitfarms Umumkan Upgrade Penambangan Senilai $240 Juta Menjelang Bitcoin Halving!

Nicolas Bonta Ditunjuk sebagai CEO Sementara

Setelah pemecatan Morphy, Bitfarms menunjuk Nicolas Bonta, Chairman dan salah satu pendiri perusahaan, sebagai Presiden dan CEO sementara. Bonta akan memimpin perusahaan hingga pencarian eksekutif selesai dan pengganti Morphy ditunjuk. Bitfarms memperkirakan proses ini akan memakan waktu beberapa minggu ke depan.

Berita pemecatan Morphy dan gugatan hukum yang diajukannya berdampak negatif pada harga saham Bitfarms. Pada saat berita ini ditulis, saham Bitfarms diperdagangkan pada harga $1,55, turun lebih dari 10% setelah pengumuman tersebut. Penurunan ini menambah kerugian saham Bitfarms yang sudah lebih dari 50% sejak awal tahun.

Kesimpulan

Pemecatan CEO Bitfarms, Geoffrey Morphy, setelah mengajukan gugatan hukum sebesar $27 juta menjadi berita mengejutkan di dunia kripto. Kasus ini menunjukkan adanya konflik internal yang serius di perusahaan penambangan Bitcoin tersebut. Meskipun Bitfarms menyatakan bahwa mereka akan membela diri dengan penuh semangat, gugatan ini tentu saja dapat mempengaruhi reputasi dan kinerja perusahaan ke depannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi