CEO Binance Mundur, Ini Tanggapan Bos Coinbase, Brian Armstrong

CEO Binance Mundur, Ini Tanggapan Bos Coinbase, Brian Armstrong

Changpeng “CZ” Zhao, CEO Binance, mengundurkan diri sebagai bagian dari penyelesaian besar-besaran senilai $4 miliar antara Binance dan pihak berwenang Amerika Serikat. Pengunduran diri ini merupakan hasil dari investigasi panjang oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat dan lembaga lainnya terkait pelanggaran anti pencucian uang dan sanksi.

CEO Binance Mengundurkan Diri

Zhao mengumumkan pengunduran dirinya sebagai CEO Binance sebagai bagian dari penyelesaian besar-besaran dengan Amerika Serikat. “Saya membuat kesalahan, dan saya harus bertanggung jawab,” tulis Zhao dalam sebuah postingan di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Baca Juga: Terungkap! Binance Hentikan Layanan Kartu Debit Visa di Eropa, Apa Dampaknya Bagi Investor?

Meski mengundurkan diri, Zhao tidak akan sepenuhnya terpisah dari Binance. Pendiri perusahaan ini akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas dan menjadi sumber konsultasi untuk “area bisnis historis,” kata perusahaan tersebut.

Penyelesaian Dengan Departemen Kehakiman AS

kasus cz binance
Sumber: Bloomberg

Sebagai bagian dari penyelesaian, Zhao muncul di pengadilan federal di Seattle pada Selasa sore dan mengaku bersalah atas pelanggaran anti pencucian uang dan sanksi yang diajukan oleh Departemen Kehakiman.

Selain itu, Binance menyelesaikan tuduhan dengan DOJ dan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas; Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan Departemen Keuangan (FinCEN) dan Kantor Pengendalian Aset Asing (OFAC), yang akan memberikan akses Departemen Keuangan ke buku dan catatan Binance di bawah syarat pengawasan selama lima tahun.

Paragraf Penutup

Penyelesaian ini datang dengan denda sebesar $3,4 miliar ke FinCEN dan $968 juta ke OFAC, serta persyaratan kepatuhan dan pemantauan selama lima tahun. Brian Armstrong, CEO dan pendiri Coinbase, pesaing Binance di Amerika Serikat, menyambut pengumuman ini sebagai “kesempatan untuk memulai babak baru untuk industri ini,” dalam sebuah postingan di X.

Baca Juga: Prediksi Harga Binance Coin (BNB) 2023, 2025, 2030: Harga Binance Bisa Naik 2.247%!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi