CEO Binance Mengundurkan Diri dan Mengaku Bersalah, Denda Miliaran Dolar Menanti!

CEO Binance Mengundurkan Diri dan Mengaku Bersalah, Denda Miliaran Dolar Menanti!

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan dunia crypto, CEO Binance, Changpeng Zhao (CZ), mengundurkan diri dan mengaku bersalah atas pelanggaran hukum anti pencucian uang AS. Binance, bursa crypto terbesar di dunia, kini harus membayar denda sebesar $4,3 miliar untuk menyelesaikan penyelidikan yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Binance Setuju Membayar Denda Miliaran Dolar

Binance telah menyetujui penyelesaian dengan Departemen Kehakiman AS (DoJ) sebesar $4 miliar. Penyelesaian ini merupakan hasil dari tuduhan yang diajukan terhadap bursa dan CEO-nya, CZ, atas tuduhan pencucian uang, penipuan bank, dan pelanggaran sanksi lainnya.

Baca Juga: CEO Binance Mundur, Harga Binance Coin Anjlok Lebih Dari 8%

Menurut laporan, Binance akan membayar $1,81 miliar dalam waktu 15 bulan, dan tambahan $2,51 miliar sebagai bagian dari kesepakatan dengan jaksa penuntut DoJ. CZ sendiri akan membayar $50 juta secara pribadi, dan perjanjian pengakuannya melarangnya terlibat dalam segala aktivitas Binance.

CZ Mengaku Bersalah dan Mengundurkan Diri

Changpeng Zhao CZ, CEO Binance

CZ, yang telah menjadi sosok penting dalam industri crypto, mengaku bersalah atas pelanggaran hukum anti pencucian uang dan mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO Binance.

Keputusan ini diambil setelah Binance dituduh tidak melaporkan lebih dari 100.000 transaksi mencurigakan dengan organisasi yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh AS. CZ mengakui kesalahannya dan mengatakan bahwa pengunduran dirinya adalah langkah yang tepat untuk komunitas, Binance, dan dirinya sendiri.

Dampak Penyelesaian Ini pada Binance dan Industri Crypto

Penyelesaian ini tentunya memberikan dampak besar bagi Binance dan industri crypto secara umum. Binance Coin (BNB) telah turun 8% dalam 24 jam terakhir dan volume perdagangan token meningkat 160%, menunjukkan perhatian yang tumbuh terhadap token tersebut.

Meski denda yang diberikan sangat besar, tampaknya Binance masih mampu mengatasinya. Richard Teng, seorang eksekutif Binance yang berpengalaman, akan mengambil alih posisi CZ di Binance.

Paragraf Penutup

Meski menghadapi tantangan besar, Binance tampaknya masih mampu bertahan dan melanjutkan operasinya. Kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi industri crypto tentang pentingnya kepatuhan terhadap hukum dan regulasi crypto yang ada.

Bagaimanapun, kejadian ini juga menunjukkan bahwa industri crypto masih memiliki jalan panjang untuk mencapai standar kepatuhan yang diharapkan oleh regulator.

Baca Juga: Terungkap! Binance Hentikan Layanan Kartu Debit Visa di Eropa, Apa Dampaknya Bagi Investor?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi