Binance: CEO dan Timnya Berusaha Lakukan Ini Pada Regulator AS dan Inggris?

Binance: CEO dan Timnya Berusaha Lakukan Ini Pada Regulator AS dan Inggris?

Binance, bursa crypto terbesar di dunia, sedang alami hambatan. CEO Binance, Changpeng Zhao, dan timnya dituduh berusaha mengelabui regulator crypto di Amerika Serikat dan Inggris. Bagaimana mereka melakukannya dan apa dampaknya bagi masa depan Binance?

Strategi Mengelabui Regulator

Changpeng Zhao, atau yang lebih dikenal dengan CZ, adalah pendiri dan CEO Binance. Dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun, CZ telah mengubah Binance menjadi bursa crypto terbesar di dunia. Namun, di balik kesuksesan tersebut, terdapat strategi yang dirancang untuk mengelabui regulator.

CZ dan timnya merancang sebuah rencana untuk “melindungi” Binance dari SEC (Securities and Exchange Commission) AS. Mereka membuat dokumen yang bertanggal mundur dan melakukan eksodus staf kepatuhan.

Strategi ini bertujuan untuk mengalihkan perhatian regulator dari platform utama Binance dengan mendirikan bursa baru di Amerika, yang disebut Binance.US.

Implikasi dan Dampak Crypto

regulasi atm crypto
Sumber: Medium

Strategi ini tentu saja memiliki implikasi yang serius. Departemen Kehakiman AS telah melakukan penyelidikan terhadap Binance terkait pencucian uang selama setahun sebelum postingan blog CZ yang menyatakan bahwa Binance “menerima regulasi”.

Selain itu, Binance juga dituduh mencari cara untuk menghindari pengawasan regulator di Inggris.

Dampak dari strategi ini cukup signifikan. Binance harus berhenti melayani pelanggan di Inggris setelah proposal kepatuhan terakhirnya ditolak oleh FCA (Financial Conduct Authority). Selain itu, Binance juga harus menarik diri dari pasar Belanda dan Jerman setelah gagal memenuhi persyaratan regulator.

Paragraf Penutup

Isu ini tentu saja menimbulkan pertanyaan tentang masa depan Binance. Dengan meningkatnya beban kepatuhan untuk perusahaan crypto dan peningkatan perhatian regulator terhadap bagaimana perusahaan crypto menangani dana pelanggan, Binance mungkin akan menghadapi tantangan yang lebih besar di masa depan.

Baca Juga: Pangsa Market Spot Binance Terus Merosot! Bagaimana Nasib Pasar Crypto?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi