CEO Binance CZ Tolak Permintaan $40 Juta dari Mantan CEO FTX SBF, Apa Alasannya?

author:

CEO Binance CZ Tolak Permintaan $40 Juta dari Mantan CEO FTX SBF, Apa Alasannya?

Dalam dunia crypto yang penuh dinamika, keputusan bisnis bisa menentukan nasib sebuah perusahaan. Salah satu keputusan tersebut terjadi ketika CEO Binance, Changpeng “CZ” Zhao, menolak permintaan pendanaan sebesar $40 juta dari mantan CEO FTX, Sam “SBF” Bankman-Fried.

Keputusan ini, yang terungkap dalam buku terbaru Michael Lewis, telah menarik perhatian banyak pihak.

Latar Belakang Penolakan

Sam bankman ftx
Sumber: Forkast News

Pada Maret 2019, SBF mengajukan proposal untuk menciptakan bursa berjangka crypto dengan konsep “risiko nol” bagi perdagangan yang buruk dengan leverage tinggi. Dalam dunia kripto yang penuh volatilitas, konsep ini dianggap revolusioner.

Baca juga: Binance dan Polisi Thailand Gagalkan Skema Penipuan Crypto Senilai $277 Juta!

Namun, pada saat itu, Binance dan FTX memiliki tujuan yang berbeda. Sementara FTX berfokus pada investor institusional, Binance lebih mengutamakan pelanggan ritel. Perbedaan visi ini menjadi salah satu alasan utama penolakan CZ.

Setelah mempertimbangkan proposal selama beberapa minggu, CZ memutuskan untuk menolak permintaan pendanaan dari SBF. Sebagai gantinya, Binance memilih untuk mengembangkan platform berjangka in-house mereka sendiri.

Reaksi dan Dampak dari Keputusan

Changpeng Zhao CZ, CEO Binance

Penolakan dari CZ tampaknya tidak diterima dengan baik oleh SBF. Menurut buku tersebut, SBF bahkan disebutkan menyebut CZ sebagai “douche” karena keputusannya tersebut.

Meskipun ditolak oleh Binance, FTX memutuskan untuk melanjutkan rencananya. Mereka meluncurkan bursa berjangka FTX pada tahun 2019. Namun, ada ketidakpastian mengenai kesuksesan usaha ini. SBF sendiri mengakui bahwa ada kemungkinan besar usaha tersebut tidak akan berhasil.

Hubungan antara kedua raksasa crypto ini kembali menjadi sorotan pada 2022 ketika FTX menghadapi krisis likuiditas. FTX mencoba mendekati Binance lagi untuk akuisisi, namun sekali lagi, CZ menolak.

Baca juga: Setelah Setahun, Peretas FTX Memindahkan Lebih Dari $10 Juta dalam ETH!

Konteks Saat Ini dan Implikasi Masa Depan

Keputusan CZ untuk menolak permintaan pendanaan dari SBF mungkin memiliki dampak jangka panjang pada hubungan antara Binance dan FTX. Namun, keputusan tersebut juga menyoroti bagaimana visi dan strategi bisnis dapat mempengaruhi keputusan kunci dalam industri crypto.

Saat ini, SBF sedang menghadapi persidangan di New York atas tuduhan penipuan dan pencucian uang yang terkait dengan runtuhnya FTX. Kejadian ini menambah kompleksitas hubungan antara dua raksasa crypto ini.

Meskipun ada perselisihan, kedua perusahaan tetap menjadi pemain utama di industri crypto. Bagaimana hubungan mereka akan berkembang di masa depan masih menjadi tanda tanya.

Dunia crypto selalu penuh dengan dinamika dan kejutan. Keputusan CZ untuk menolak permintaan SBF adalah salah satu momen penting yang menunjukkan betapa kompleks dan kompetitifnya industri ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: