Heboh! Bank Sentral Rusia Siap Luncurkan Digital Ruble di Tahun 2025

Heboh! Bank Sentral Rusia Siap Luncurkan Digital Ruble di Tahun 2025

Bank Sentral Rusia, melalui pernyataan dari Olga Skorobogatova, wakil ketua pertama lembaga tersebut, mengungkapkan harapan peluncuran digital ruble, mata uang digital bank sentral Rusia (CBDC), pada tahun 2025.

Skorobogatova juga menyatakan bahwa uji coba pilot mata uang digital ini diharapkan dapat dilaksanakan tahun ini setelah Duma Negara, majelis rendah parlemen Rusia, menyetujui undang-undang digital ruble.

Bank Sentral Rusia Mengindikasikan Peluncuran Digital Ruble pada Tahun 2025

Pada laporan terbaru, Bank Sentral Rusia mengungkapkan harapannya untuk meluncurkan digital ruble, mata uang digital bank sentral Rusia (CBDC), pada tahun 2025.

Pernyataan ini disampaikan oleh Olga Skorobogatova, wakil ketua pertama lembaga tersebut. Skorobogatova juga menjelaskan bahwa uji coba pilot mata uang digital ini dijadwalkan akan dilakukan tahun ini setelah Duma Negara menyetujui undang-undang yang mengatur operasi digital ruble.

Baca Juga: Ini Alasan Rusia Buru-Buru Adopsi CBDC di Tengah Hukuman Perang

Skorobogatova menjelaskan bahwa proses pengenalan mata uang digital ini akan memakan waktu lama bagi Rusia. Ia mengungkapkan, “Yang penting bagi kami adalah bahwa segalanya aman dan berfungsi dengan sempurna.”

Selain itu, ia menjelaskan bahwa digital ruble tidak akan digunakan untuk membayar pensiun atau tunjangan bagi warga negara Rusia, dan akan memiliki batas akun sebesar 300.000 rubel (kurang dari $3.300).

RUU Digital Ruble Akan Disahkan oleh Duma Negara pada Juli 2023

rusia batalkan crypto exchange nasional
Bitcoin News

Meskipun Bank Sentral Rusia berencana untuk memulai uji coba pilot pada bulan April, Duma Negara belum melewati regulasi untuk operasi digital ruble.

Namun, Anatoly Aksakov, ketua Komite Pasar Keuangan Duma Negara, mengatakan kepada Izvestia pada awal Juli 2023 bahwa ia berharap RUU terkait digital ruble akan disahkan pada bulan Juli ini.

Jika hal tersebut terjadi, Izvestia menyatakan bahwa uji coba pilot dapat dimulai pada bulan Agustus 2023.

Baca Juga: Rusia Menyetujui Penggunaan Crypto untuk Pembayaran Lintas Batas

Aksakov sebelumnya telah menyatakan pada bulan Mei bahwa ia memperkirakan undang-undang digital ruble akan disahkan pada bulan Juni 2023.

Namun, hal ini tidak terjadi. Aksakov juga pernah menyebutkan kripto sebagai cara untuk menghindari sanksi internasional terhadap negaranya, dan menolak ide adanya bursa Rusia tunggal karena kemungkinan bursa tersebut akan disanksi oleh negara-negara Barat.

RUU digital ruble diperkenalkan ke Duma Negara pada bulan Januari oleh Aksakov dan anggota Komite Pasar Keuangan lainnya setelah Bank Sentral Rusia mempercepat jadwal untuk proyek digital ruble pada tahun 2022.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: