Celsius Lepas Ethereum Senilai Ratusan Juta Dolar, Apa Dampaknya?

Celsius Lepas Ethereum Senilai Ratusan Juta Dolar, Apa Dampaknya?

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan pasar crypto, Celsius, platform pinjaman crypto yang sedang mengalami kebangkrutan, mengumumkan akan melepaskan staking Ethereum senilai kurang lebih $470 juta.

Keputusan ini diambil sebagai bagian dari upaya restrukturisasi dan pembayaran kembali kepada kreditur. Namun, langkah ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan komunitas crypto akan potensi dampak negatif terhadap harga Ether.

Unstaking Ethereum Oleh Celsius

Celsius telah mengungkapkan rencana untuk meng-unstake sejumlah 206.300 Ethereum, yang nilainya diperkirakan mencapai $470 juta, dalam beberapa hari ke depan. Staking Ethereum ini sebelumnya memberikan pendapatan yang signifikan bagi Celsius dalam bentuk reward, yang membantu perusahaan dalam menutupi biaya selama proses restrukturisasi.

Menurut dashboard Nansen’s Ethereum Shanghai (Shapella) Upgrade, Celsius merupakan salah satu dari 10 perusahaan teratas yang telah menarik staked ETH mereka sejak penarikan diizinkan tahun lalu, dengan total penarikan mencapai 40.249 ETH hingga saat ini.

Baca Juga: Perusahaan Crypto Celsius Bangkit dari Keterpurukan dengan Pendanaan Awal $450 Juta!

Keputusan Celsius ini juga telah menyebabkan lonjakan dalam antrian validator Ethereum yang ingin keluar. Data dari beaconcha.in menunjukkan bahwa antrian telah melonjak menjadi lebih dari 16.000, mencapai rekor tertinggi, dengan waktu tunggu yang kini memanjang hingga sekitar enam hari.

Dampak Terhadap Harga ETH

Dampak Terhadap Harga ETH
Nansen

Komunitas crypto mengungkapkan kekhawatiran bahwa tindakan Celsius dapat meningkatkan tekanan jual pada aset digital terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar ini. Pada bulan Desember lalu, dilaporkan bahwa Celsius telah menjual aset digital senilai $250 juta, termasuk Ethereum, dalam waktu 30 hari.

Saat itu, ada spekulasi bahwa penjualan tersebut bertujuan untuk membiayai MiningCo, sebuah perusahaan penambangan Bitcoin yang akan dimiliki oleh kreditur Celsius. Namun, Celsius menyatakan bahwa “Kreditur yang memenuhi syarat akan menerima distribusi in-kind dari BTC dan ETH sesuai dengan rencana yang telah disetujui.”

Hal ini menunjukkan bahwa ada kemajuan dalam perjalanan restrukturisasi Celsius dan pengembalian aset pelanggan yang akan datang, meskipun tanggal distribusi efektif belum diumumkan.

Paragraf Penutup

Meskipun ada kemajuan dalam proses restrukturisasi Celsius dan rencana pengembalian aset kepada kreditur, pasar crypto tetap waspada. Keputusan untuk meng-unstake Ethereum dalam jumlah besar ini bisa menjadi preseden yang mempengaruhi dinamika pasar, terutama bagi harga Ether yang saat ini tengah dalam pengawasan ketat oleh investor dan pengamat crypto.

Baca Juga: Celsius Menuju Keluar dari Kebangkrutan? Ini Rencana Reorganisasi Celcius!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi