Skandal Bangkrutnya Celsius Network, Apa Pelajaran yang Bisa Kita Petik dari Kejadian Ini?

Skandal Bangkrutnya Celsius Network, Apa Pelajaran yang Bisa Kita Petik dari Kejadian Ini?

Dalam dunia investasi, terutama dalam dunia crypto, risiko selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan. Salah satu contoh nyata adalah jatuhnya Celsius Network, sebuah platform pinjaman dan peminjaman Bitcoin yang populer.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang apa itu Celsius Network, mengapa mereka gagal, dan apa yang bisa kita pelajari dari kejadian ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Sejarah Singkat Celsius Network

Celsius Network adalah platform pinjaman dan peminjaman Bitcoin yang menawarkan layanan kepada investor cerdas. Mereka menjanjikan keuntungan yang menarik dan menggiurkan, namun sayangnya, hal ini tidak berlangsung lama.

Celsius Network tiba-tiba runtuh, meninggalkan banyak investor dengan kerugian yang signifikan. Penyebab utama kegagalan Celsius Network adalah penangkapan Alex Mashinsky, pendiri dan CEO Celsius Network.

Mashinsky ditangkap atas tuduhan menjalankan skema Ponzi, sebuah strategi investasi ilegal yang membayar keuntungan kepada investor dari uang yang diperoleh dari investor baru, bukan dari keuntungan investasi yang sebenarnya.

Baca Juga: Perusahaan Crypto Celsius Bangkit dari Keterpurukan dengan Pendanaan Awal $450 Juta!

Celsius Network Disebut Sebagai ‘Skema Ponzi’?

masa depan celsius network
Sumber: PYMNTS

Pertanyaan besar yang muncul setelah runtuhnya Celsius Network adalah apakah platform ini sebenarnya adalah skema Ponzi. Meskipun Mashinsky ditangkap dan dituduh menjalankan skema Ponzi, bukti konkret masih perlu ditemukan dan disajikan di pengadilan.

Namun, banyak indikasi yang menunjukkan bahwa Celsius Network memang menjalankan skema Ponzi. Salah satunya adalah janji keuntungan yang tidak realistis dan tidak adanya transparansi dalam operasional bisnis mereka. Hal ini menjadi pelajaran berharga bagi investor crypto untuk selalu berhati-hati dan melakukan penelitian yang mendalam sebelum berinvestasi.

Baca Juga: Celsius Menuju Keluar dari Kebangkrutan? Ini Rencana Reorganisasi Celcius!

Apa yang Bisa Kita Pelajari?

Kejatuhan Celsius Network menjadi pelajaran berharga bagi semua investor, terutama bagi mereka yang berinvestasi dalam crypto. Pertama, selalu lakukan penelitian yang mendalam sebelum berinvestasi. Kedua, jangan mudah tergiur dengan janji keuntungan yang tidak realistis. Ketiga, selalu waspada terhadap potensi skema Ponzi.

Meski kejadian ini cukup mengejutkan, ini tidak berarti bahwa semua platform pinjaman dan peminjaman crypto adalah skema Ponzi. Ada banyak platform lain yang sah dan dapat dipercaya. Namun, selalu ingat untuk berinvestasi dengan bijak dan berhati-hati.

Meskipun begitu, saat ini Celsius Network sudah mulai kembali bangkit dari kebangkrutan dengan melakukan reorganisasi, dan berbagai jutaan dolar pendanaan yang berhasil didapatkan.

Dalam dunia investasi, terutama dalam dunia crypto, risiko selalu ada. Namun, dengan pengetahuan yang tepat dan kehati-hatian, kamu bisa meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan. Jadi, tetaplah berinvestasi, tetapi lakukanlah dengan bijak.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: