Celsius dan FTX Jual Aset Crypto Demi Bayar Hutang?

Celsius dan FTX Jual Aset Crypto Demi Bayar Hutang?

Dalam dunia crypto yang penuh gejolak, dua nama besar, Celsius dan FTX, tengah menjadi sorotan. Mereka dikabarkan telah memindahkan aset crypto bernilai jutaan dolar ke bursa crypto terpusat. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk melunasi kewajiban kepada para kreditur yang telah menanti pembayaran selama berbulan-bulan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Celsius Pindahkan Aset ETH ke Bursa

celsius pindahkan aset ke bursa
Sumber: Akun X Arkham

Celsius, perusahaan pinjaman crypto, telah memindahkan aset Ethereum (ETH) senilai lebih dari $125 juta ke beberapa bursa crypto. Dalam satu minggu terakhir, tercatat $95,5 juta telah ditransfer ke Coinbase dan $29,7 juta ke FalconX.

Meskipun telah memindahkan jumlah besar, Celsius masih memiliki lebih dari 550.000 ETH, yang nilainya mencapai $1,36 miliar. Pada tanggal 5 Januari, Celsius juga telah mengambil langkah besar dengan meng-unstake 206.300 ETH, senilai $407 juta saat itu.

Baca Juga: Hutang AS Melonjak, Mike Novogratz Sarankan Beli Bitcoin? Ini Alasannya!

Dana yang diperoleh dari langkah ini diumumkan akan digunakan untuk biaya restrukturisasi dan persiapan pembayaran kembali kepada kreditur. Meski belum ada tanggal pasti, Celsius berencana untuk mendistribusikan Bitcoin (BTC) dan ETH kepada para kreditur sebagai bagian dari rencana pemulihan mereka.

FTX dan Alameda Ikut Serta

ftx dan alameda
Sumber: Akun X Spot on Chain

Tak hanya Celsius, FTX dan lengan perdagangannya yang telah bangkrut, Alameda Research, juga tercatat telah memindahkan aset crypto ke bursa. Pada tanggal 14 Januari, kedua entitas tersebut telah mentransfer crypto senilai $28 juta, yang terdiri dari Wrapped Bitcoin senilai $18,7 juta, ETH senilai $8 juta, dan Pendle (PENDLE) senilai $1 juta ke Coinbase dan Binance.

Sejak mengumumkan kebangkrutan pada November 2022, FTX telah berupaya mengumpulkan dana untuk pembayaran kreditur. Administrator FTX telah berhasil mengamankan aset sekitar $7 miliar, dengan $3,4 miliar di antaranya dalam bentuk crypto.

Baca Juga: Bank Pro-Crypto Silvergate Lunasi Seluruh Hutang, Kini Hanya Memiliki Saldo Kurang dari $10.000!

Klaim kreditur FTX di pasar telah menunjukkan peningkatan, dengan beberapa dihargai hingga $0,50 per dolar pada Oktober 2023, menandakan peluang yang baik bagi kreditur untuk mendapatkan kembali dana mereka. Meskipun belum ada tanggal pasti, rencana saat ini memperkirakan pembayaran kembali akan dimulai pada tahun 2024.

Harapan Para Kreditur

Para kreditur Celsius telah menunggu lebih dari 18 bulan untuk menerima dana yang terjebak di platform sejak perusahaan tersebut mengumumkan kebangkrutan pada Juli 2022. Harapan kini muncul seiring dengan langkah-langkah yang diambil oleh Celsius dan FTX dalam mengelola aset crypto mereka.

Meskipun prosesnya panjang dan penuh ketidakpastian, langkah-langkah terbaru ini memberikan sedikit cahaya di ujung terowongan bagi para kreditur yang terdampak.

Kesimpulan

Kisah Celsius dan FTX menjadi pengingat akan volatilitas pasar crypto dan pentingnya manajemen risiko. Meskipun situasi saat ini masih jauh dari kata selesai, langkah-langkah yang diambil oleh kedua perusahaan ini menunjukkan upaya serius dalam menyelesaikan kewajiban mereka. Para kreditur kini menantikan realisasi pembayaran yang dijanjikan, dengan harapan dapat segera terbebas dari ketidakpastian yang telah lama menghantui mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: