Celo Umumkan Integrasinya dengan Protokol Interoperabilitas CCIP Chainlink

author:

Array

Celo Umumkan Integrasinya dengan Protokol Interoperabilitas CCIP Chainlink

Jakarta, Pintu News – Celo baru saja mengumumkan integrasi dengan Chainlink Cross-Chain Interoperability Protocol (CCIP), yang diharapkan dapat membawa revolusi dalam interoperabilitas blockchain.

Integrasi ini menjadikan CCIP sebagai infrastruktur lintas rantai utama untuk Celo, memungkinkan ekosistem crypto ini beroperasi dengan lebih lancar dan efisien.

Sumber: Celo Blog

Pada 29 Mei 2024, jaringan layer-2 Ethereum, Celo, mengumumkan integrasi protokol CCIP milik Chainlink untuk interoperabilitas lintas rantai.

Menurut pengumuman, langkah ini membawa tingkat keamanan dan keandalan yang tinggi ke ekosistem Celo.

Baca juga: Mastercard Perkenalkan Layanan Credential Crypto Guna Menyederhanakan Transaksi Crypto

Direktur eksekutif Celo, Eric Nakagawa, mengeluarkan pernyataan setelah implementasi CCIP di Celo:

“Infrastruktur lintas rantai kanonik dapat mempercepat pertumbuhan jangka panjang dan adopsi ekosistem Celo.”

Lebih lanjut, dukungan dari komunitas Celo telah menjadi kunci, yang sebelumnya membawa Celo berpartisipasi dalam program Chainlink SCALE. Kolaborasi ini memberikan dukungan teknis yang canggih kepada Celo dan meningkatkan akses ke penawaran Chainlink.

“Kami sangat antusias dengan integrasi native Chainlink CCIP sebagai infrastruktur lintas rantai kanonik di Celo,” kata Thodoris Karakostas, Kepala Kemitraan Blockchain di Chainlink Labs.

“Interoperabilitas aman yang didukung oleh CCIP akan memberdayakan pengembang dan pengguna Celo untuk memanfaatkan sepenuhnya lanskap multi-rantai dan mempercepat adopsi Celo serta ekosistemnya.”

CCIP Chainlink menawarkan berbagai mekanisme transfer token, seperti burn/mint dan lock/mint, yang memfasilitasi beragam aplikasi dan kasus penggunaan.

Implementasi CCIP di Celo telah memfasilitasi nilai transaksi lebih dari $10,5 triliun, mencapai tingkat keamanan lintas rantai tertinggi.

Baca juga: Analis Van de Poppe Memprediksi Chainlink (LINK) akan Meroket 300% terhadap Bitcoin

Selain itu, integrasi ini juga memperkenalkan Jaringan Manajemen Risiko, sebuah jaringan independen yang memantau operasi lintas rantai untuk mencegah aktivitas yang salah.

Hal ini sangat penting karena industri telah melihat lebih dari $2,8 miliar dieksploitasi akibat infrastruktur lintas rantai yang tidak aman.

“Sebagai satu-satunya solusi interoperabilitas yang mencapai tingkat keamanan lintas rantai level 5, CCIP menyediakan opsi yang hebat bagi pengembang, pendiri, dan komunitas luas untuk dipertimbangkan dan diadopsi.” kata Eric Nakagawa, Direktur Eksekutif di Celo.

Perkembangan terbaru lainnya yang melibatkan Chainlink dan blockchain layer-2 Ethereum adalah integrasi layanan Functions oleh Base. Functions memungkinkan pengembang smart contract mengakses infrastruktur komputasi yang meminimalkan kepercayaan.

Selain itu, Chainlink baru-baru ini menyelesaikan proyek percontohan dengan Depository Trust and Clearing Corporation (DTCC) yang disebut Smart NAV, seperti yang dilaporkan oleh Crypto Briefing.

Smart NAV melibatkan peserta seperti JPMorgan, Franklin Templeton, BNY Mellon, dan State Street, yang mengeksplorasi ekstensi digital untuk Layanan Profil Reksa Dana DTCC (MFPS I) guna memanfaatkan teknologi buku besar terdistribusi (DLT) untuk penyebaran dan konsumsi data.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array