Celestia Luncurkan Blobstream: Revolusi Baru untuk Arbitrum Orbit Chain!

author:

Celestia Luncurkan Blobstream: Revolusi Baru untuk Arbitrum Orbit Chain!

Jakarta, Pintu News – Dalam sebuah langkah yang mengejutkan dunia crypto, Celestia baru-baru ini mengumumkan peluncuran Blobstream, sebuah solusi ketersediaan data yang dirancang khusus untuk ekosistem Arbitrum.

Teknologi ini diharapkan memberdayakan pengembang dengan kemampuan untuk menciptakan Rantai Orbit yang dapat disesuaikan, di mana Celestia berupaya untuk berfungsi sebagai penguat ketersediaan data.

Integrasi dengan Arbitrum Orbit Chain

Sumber: X

Integrasi Blobstream dengan ekosistem Arbitrum merupakan kemajuan besar, terutama bagi Orbit Chain.

Baca juga: Celestia: Blockchain Modular Masa Depan yang Skalabel

Setiap rantai ini dapat beroperasi sebagai rantai layer 2, menyelesaikan transaksi langsung di Ethereum, atau sebagai rantai layer 3, menyelesaikan di platform layer 2 Arbitrum sendiri, Arbitrum One.

Keunggulan Blobstream terletak pada kemampuannya untuk memfasilitasi sampling ketersediaan data (DAS), mekanisme penting yang dirancang untuk memastikan bahwa semua peserta jaringan dapat mengakses data transaksi yang penting.

Fungsionalitas klien ringan Celestia kini dapat dimanfaatkan oleh rollup layer 2 dan layer 3, yang dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka.

Mempermudah Pengalaman Pengembang

Tujuan utama dari fitur Blobstream adalah untuk menyederhanakan proses pengembangan bagi mereka yang bekerja di ekosistem Arbitrum.

Di masa lalu, peluncuran rantai baru akan memerlukan pembentukan komite ketersediaan data, sebuah tim yang bertugas menyimpan dan menyediakan data sesuai permintaan.

Proses ini bisa sangat mahal dan rumit, sehingga tidak banyak pengembang yang dapat melaluinya.

Tujuan Blobstream adalah untuk mengatasi masalah ini dengan menawarkan cara yang lebih sederhana untuk menggunakan DAS, sehingga menghilangkan kebutuhan akan komite ketersediaan data.

Baca juga: Arbitrum One Pecahkan Rekor dengan TVL yang Mencapai $10 Miliar!

Kolaborasi dan Dasar Teknologi

Pengembangan Blobstream adalah hasil kerja sama antara Celestia dan Succinct Labs. Teknologi ini menggunakan klien ringan zero-knowledge yang dikembangkan oleh Succinct Labs untuk mengirimkan pernyataan akar data Celestia ke smart contract Orbit.

Pengaturan ini mengamankan operasi terintegrasi antara kedua platform, memperkuat fungsionalitas umum Rantai Orbit Arbitrum.

Secara keseluruhan, peluncuran Blobstream merupakan peningkatan bagi jaringan Arbitrum dan juga pengembangan yang sangat bermanfaat bagi komunitas Ethereum yang lebih luas.

Sebelum Celestia dan teknologi seperti Blobstream, pengembang sering kali harus berjuang dengan batasan throughput, memilih solusi Lapisan 1 lain atau tugas yang lebih berat untuk menyiapkan komite ketersediaan data.

Blobstream praktis menghilangkan hambatan ini, memungkinkan pengembang untuk berinovasi dalam ekosistem Ethereum tanpa solusi yang mahal atau rumit.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Celestia Blog