Celestia: Blockchain Modular Masa Depan yang Skalabel

Celestia: Blockchain Modular Masa Depan yang Skalabel

Blockchain modular menjadi terobosan baru dalam trilema blockchain yang sering dihadapi oleh para pengembang dan pengguna. Celestia hadir sebagai solusi inovatif untuk mengatasi keterbatasan throughput blockchain yang sering tertahan karena keterbatasan sumber daya jaringan dan keseimbangan dengan esensi blockchain seperti keamanan dan desentralisasi.

Celestia: Jaringan Ketersediaan Data Modular

Celestia adalah jaringan ketersediaan data (DA) modular yang dirancang untuk mengatasi keterbatasan blockchain monolitik saat ini. Dengan berfokus pada pemesanan dan penerbitan transaksi, Celestia memisahkan Lapisan Konsensus dari fungsi eksekusi dan penyelesaian, sehingga membebaskan sumber daya jaringan bersama yang penting.

Baca Juga: Poopcoin ($POOP) Meluncur di Base, Volume Perdagangan Capai $60 Juta dalam 10 Jam!

Celestia bertindak sebagai blockchain lapisan-1 yang ramping yang berfokus hanya pada pemesanan transaksi dan menyediakan data untuk transaksi. Fungsi seperti smart contract dan perhitungan dialihdayakan ke rollup atau blockchain lain sebagai bagian dari fokus Celestia pada modularitas dan fleksibilitas.

Hal ini membuka kemungkinan tak terbatas karena pengguna dapat memadukan dan mencocokkan lapisan yang mirip dengan rollup mandiri yang membangun lingkungan eksekusi sendiri.

Token TIA: Utilitas dan Tokenomics

harga celestia melonjak
Sumber: CoinMarketCap

TIA adalah token asli dari blockchain Celestia dan merupakan bagian penting dari bagaimana pengembang akan membangun di Celestia dan menggunakannya untuk ketersediaan data. Menurut white paper Celestia, token TIA akan memiliki kegunaan sebagai berikut:

  • Mem-bootstrap rollup baru
  • Membayar ruang blob
  • Hadiah staking
  • Tata kelola terdesentralisasi

Celestia memiliki total pasokan 1.000.000.000 TIA dan pasokan awal yang beredar sebesar 14,1% (141.000.000 TIA). Sebanyak 20% dari total pasokan TIA dialokasikan untuk publik dan akan digunakan untuk insentif testnet Celestia dan inisiatif masa depan. Token TIA akan memiliki jadwal inflasi sebesar 8% pada tahun pertama dan penurunan berikutnya sebesar 10% per tahun hingga mencapai batas inflasi sebesar 1,5% per tahun.

Prediksi Harga Celestia (TIA)

Menurut prediksi harga Celestia, TIA diperkirakan akan mencapai harga $18,58 pada 3 April 2024. Ini akan mewakili peningkatan harga sebesar 29,83% untuk TIA dalam 5 hari ke depan. Namun, penting untuk dicatat bahwa pasar mata uang crypto tidak dapat diprediksi dan bahkan aset kripto terbesar pun menunjukkan banyak volatilitas harga.

Kesimpulan

Celestia, dengan pengenalan DAS dan Erasure Encoding yang inovatif, memiliki potensi masa depan yang cerah dalam membuat gelombang di ruang blockchain lapisan-1 yang populer. Namun, penting bagi para trader crypto untuk memahami risiko yang terlibat sebelum terjun untuk memperdagangkannya.

Baca Juga: Momen Penting Ketika Bitcoin Mengguncang Dunia Keuangan!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi