Celsius Menuju Keluar dari Kebangkrutan? Ini Rencana Reorganisasi Celcius!

Celsius Menuju Keluar dari Kebangkrutan? Ini Rencana Reorganisasi Celcius!

Celsius, pemberi pinjaman crypto yang pernah dominan, kini mendekati akhir dari saga kebangkrutannya.

Dengan kreditur yang memberikan persetujuan hampir bulat untuk rencana reorganisasi, apa yang diharapkan dari masa depan perusahaan ini?

Rencana Reorganisasi Celsius: Apa yang Perlu Diketahui?

Twitter

Kreditur yang terlibat dalam kasus kebangkrutan Celsius telah memberikan suara mendukung rencana yang akan mengembalikan dana kepada mereka dan mendistribusikan ekuitas melalui perusahaan baru. Lebih dari 98% dari kelas yang memberikan suara mendukung rencana ini.

Meskipun mendapat dukungan besar-besaran, rencana tersebut masih memerlukan persetujuan akhir pada sidang konfirmasi di Pengadilan Kebangkrutan Amerika Serikat untuk Distrik Selatan New York yang dijadwalkan pada 2 Oktober 2023.

Baca Juga: Kembali Bergairah, Otoritas Pajak Brasil Ungkap Kenaikan Volume Market Crypto di Negaranya

Rencana saat ini akan melihat sekitar $2 miliar dalam Bitcoin dan Ether didistribusikan kembali kepada kreditur Celsius.

Selain itu, ekuitas akan didistribusikan dalam perusahaan baru yang disebut sementara sebagai “NewCo”.

NewCo dan Masa Depan Operasi Celsius

“NewCo” diharapkan untuk mengoperasikan dan memperluas operasi penambangan Bitcoin milik Celsius, mempertaruhkan Ethereum, memonetisasi aset tidak likuid lainnya dari Celsius, dan mengembangkan peluang bisnis baru yang menguntungkan dan sesuai regulasi.

Perusahaan baru ini akan dikelola oleh Fahrenheit Group, sebuah konsorsium individu dan organisasi asli crypto, termasuk mantan CEO Algorand, Steven Kokinos, dan perusahaan modal ventura Arrington Capital.

Dengan dukungan dari kelompok-kelompok ini, ada harapan bahwa “NewCo” dapat memulihkan kepercayaan dan membangun kembali reputasi Celsius di industri.

Latar Belakang Kebangkrutan Celsius dan Tuntutan Hukum

Celsius Network adalah salah satu korban besar pertama dari pasar bearish 2022, dengan perusahaan mengajukan kebangkrutan pada 14 Juli 2022.

Pada 13 Juli 2023, Komisi Sekuritas dan Bursa AS menggugat Celsius dan mantan CEO-nya, Alex Mashinsky, atas tuduhan mengumpulkan miliaran dolar melalui penawaran yang tidak terdaftar dan penipuan yang melibatkan “sekuritas aset crypto“.

Mashinsky kemudian ditangkap pada hari yang sama, dengan tuduhan aktivitas keuangan yang menipu, menyesatkan investor, dan sejumlah tuduhan serupa lainnya.

Baca Juga: Mantan CEO Algorand Ditunjuk Sebagai CEO Perusahaan yang Membeli Celsius!

Dengan persetujuan rencana reorganisasi oleh kreditur, Celsius mungkin segera keluar dari kebangkrutan dan memulai babak baru dalam sejarahnya.

Meskipun masa depan masih penuh dengan ketidakpastian, dukungan dari komunitas dan pemangku kepentingan mungkin menjadi kunci keberhasilan mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: