Thirdweb Ungkap Adanya Celah Keamanan Serius pada Smart Contract, Apa yang Harus Dilakukan?

author:

Thirdweb Ungkap Adanya Celah Keamanan Serius pada Smart Contract, Apa yang Harus Dilakukan?

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto ketika Thirdweb, perusahaan pengembang smart contract, mengungkap adanya celah keamanan serius. Celah ini berpotensi mengancam ratusan smart contract yang dibangun menggunakan perpustakaan sumber terbuka yang populer. Kamu yang terlibat dalam ekosistem Web3 perlu waspada dan segera mengambil langkah pencegahan.

Kerentanan yang Mengintai

celah keamanan smart contract
Sumber: X

Thirdweb telah mendeteksi kerentanan keamanan yang bisa mempengaruhi berbagai smart contract di ekosistem Web3. Kerentanan ini ditemukan dalam sebuah perpustakaan sumber terbuka yang sering digunakan dan berpotensi merugikan jika tidak segera ditangani. Kamu yang telah menggunakan smart contract sebelum tanggal 22 November disarankan untuk segera mengambil tindakan mitigasi.

Baca juga: Stellar Siap Saingi Ethereum dengan Peluncuran Smart Contract “Soroban”!

Lebih lanjut, kerentanan ini belum dieksploitasi, memberikan kesempatan bagi para pengembang dan pengguna untuk menghindari kerugian. Thirdweb telah mengeluarkan peringatan proaktif dan menyarankan pengguna untuk menggunakan alat yang mereka sediakan atau bertindak mandiri untuk mengurangi risiko.

Langkah Pencegahan dan Mitigasi

Thirdweb menyarankan para pengembang untuk membantu pengguna dalam mencabut persetujuan atas semua kontrak yang terpengaruh. Ini merupakan langkah pencegahan jika kamu memilih untuk tidak melakukan mitigasi kontrak. Perusahaan juga telah berkomunikasi dengan pemelihara perpustakaan sumber terbuka tersebut dan tim lain yang mungkin terdampak.

Selain itu, Thirdweb berkomitmen untuk meningkatkan investasi dalam langkah-langkah keamanan. Mereka berjanji untuk menggandakan hadiah bug bounty mereka menjadi $50,000 dan menerapkan proses audit yang lebih ketat. Untuk membantu pengguna, mereka juga menawarkan grant yang akan menutupi biaya mitigasi kontrak.

Baca juga: Uni Eropa Dukung Undang-undang Data dengan Klausul yang Mematikan Smart Contract, Apa Dampaknya?

Investasi dan Dukungan Besar

smart contract
Sumber: iPleaders

Thirdweb telah berhasil mengumpulkan dana sebesar $24 juta dalam putaran pendanaan Seri A pada Agustus 2022 lalu. Investor besar seperti Coinbase, Shopify, dan Polygon turut serta dalam pendanaan ini. Perusahaan ini menyediakan alat penerapan smart contract multichain yang digunakan oleh lebih dari 70.000 pengembang setiap bulannya.

Dengan dukungan investor besar dan komitmen terhadap keamanan, Thirdweb berupaya untuk memastikan ekosistem Web3 tetap aman. Mereka juga berjanji untuk terus meningkatkan proses audit dan memberikan dukungan kepada pengguna yang terdampak oleh kerentanan ini.

Pada akhirnya, kerentanan keamanan ini merupakan pengingat penting bagi semua pihak di ekosistem crypto untuk selalu waspada. Langkah-langkah proaktif dan responsif dari Thirdweb menunjukkan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman keamanan di dunia digital yang terus berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: