Perluas Jangkauannya, Kini CCIP Chainlink Meluncur di Base Mainnet

author:

Perluas Jangkauannya, Kini CCIP Chainlink Meluncur di Base Mainnet

Chainlink, penyedia layanan Oracle terkemuka, telah mengumumkan peluncuran Cross-Chain Interoperability Protocol (CCIP) di Base, jaringan layer-2 Ethereum yang diinkubasi oleh Coinbase.

Dengan integrasi ini, pengembang di seluruh dunia kini memiliki akses ke protokol interoperabilitas yang aman dan mudah digunakan untuk membangun aplikasi dan layanan lintas rantai.

CCIP: Menghubungkan Dunia Blockchain

CCIP berfungsi sebagai protokol komunikasi lintas rantai yang memfasilitasi interoperabilitas antara berbagai blockchain dan aplikasi Web2 tradisional, mirip dengan sistem pembayaran SWIFT.

Baca juga: Chainlink dan Arbitrum One Bersatu! Inilah Revolusi Baru dalam Dunia Blockchain

Protokol ini memungkinkan pengembangan aplikasi lintas rantai yang dapat mengirim pesan, mentransfer token, dan memulai tindakan lintas blockchain.

Sejak diluncurkan pada Juli tahun 2023 ini, Chainlink telah berhasil mengintegrasikan Ethereum, Avalanche, Polygon, Arbitrum, dan Optimism ke dalam protokol, dengan Base menjadi tambahan keenam.

Manfaat Integrasi dengan Base

ccip chainlink meluncur di base
Sumber: PR Newswire

Peluncuran CCIP di Base memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi lintas rantai dengan kecepatan dan skalabilitas Base sambil tetap mendapatkan keamanan dan keandalan dari jaringan Oracle Chainlink.

Beberapa proyek, termasuk Raft, Nuon, Folks Finance, dan Polychain Monsters, telah mulai mengintegrasikan CCIP di Base.

Jesse Pollak, pencipta Base, menyatakan bahwa peluncuran ini akan memungkinkan pengembang untuk “membangun aplikasi lintas rantai dengan aman, memberdayakan mereka untuk bereksperimen lebih lanjut dan membuka kasus penggunaan baru.”

Baca juga: Whales Berburu LINK: Dibalik Kemitraan Chainlink dan SWIFT yang Mengguncang Pasar Crypto!

Johann Eid, Chief Business Officer di Chainlink Labs, menekankan bahwa Chainlink dan Base keduanya berada di garis depan pengembangan blockchain saat mereka bekerja untuk membawa gelombang baru jutaan pengguna baru ke industri ini.

Dengan integrasi ini, pengembang memiliki akses ke protokol interoperabilitas terkemuka untuk membangun aplikasi dan layanan lintas rantai dengan mudah.

Tidak hanya itu, Chainlink juga berfungsi sebagai oracle utama untuk jaringan Base, menunjukkan kolaborasi yang mendalam antara kedua entitas ini.

Melalui peluncuran CCIP di Base, Chainlink dan Coinbase menunjukkan komitmen mereka untuk mendorong batas-batas teknologi blockchain dan memperluas kemungkinan di dunia Web3. Integrasi ini menandai langkah besar menuju masa depan yang lebih terkoneksi dan interoperabel di ruang crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: