Cboe Global Markets Tutup Pasar Spot Digital, Fokus pada Derivatif Aset Crypto

Cboe Global Markets Tutup Pasar Spot Digital, Fokus pada Derivatif Aset Crypto

Jakarta, Pintu News – Cboe Global Markets, jaringan bursa ekuitas, mengumumkan rencana untuk merestrukturisasi operasi perdagangan aset digital, termasuk menutup pasar spot digitalnya. Cboe menyatakan akan menghapus perdagangan derivatif aset digital dari Cboe Digital dan mengintegrasikannya ke dalam bisnis Global Derivatives and Clearing.

Pasar Spot Digital Cboe akan ditutup pada kuartal ketiga tahun 2024. Bursa akan memindahkan kontrak berjangka Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) yang diselesaikan secara tunai dari Cboe Digital Exchange ke Cboe Futures Exchange pada paruh pertama tahun 2025, tergantung pada tinjauan peraturan dan “persetujuan perusahaan tertentu.”

Cboe Digital Akan Ditutup, Hemat Biaya Hingga $15 Juta

Cboe Digital, lengan kliring Cboe, akan “disejajarkan” dengan Cboe Clear Europe di bawah kepemimpinan terpadu presiden Cboe Clear Europe, Vikesh Patel. Bursa tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Cboe Digital menawarkan produk Bitcoin, Bitcoin Cash (BCH), Ether, USD Coin (USDC), dan Litecoin (LTC).

Status ETH yang potensial sebagai sekuritas dapat menjadi faktor dalam reorganisasi saat ini. Bursa tersebut melanjutkan bahwa mereka akan menikmati penghematan yang signifikan dari penutupan cabang perdagangan spot digitalnya.

Baca Juga: Binance: Permohonan Maaf CZ dan Harapan untuk Awal yang Baru

Disebutkan penghematan $2 juta hingga $4 juta yang akan dialami pada tahun 2024 sebagai “dampak tidak material” pada pendapatan bersih tahun 2024, tetapi menambahkan bahwa penghematan akan mencapai $11 juta hingga $15 juta per tahun.

“Kami berharap untuk terus melihat permintaan yang lebih besar untuk derivatif [aset digital] yang diperdagangkan di bursa untuk membantu mengelola eksposur crypto, risiko lindung nilai, dan meningkatkan efisiensi modal dan operasional,” kata presiden global Cboe Global Markets, David Howson.

Akuisisi ErisX yang Tidak Tepat Waktu

Cboe memperluas kehadirannya di ruang aset digital melalui akuisisi ErisX pada Mei 2022, yang mengoperasikan pasar spot, pasar derivatif, dan platform kliring dan diubah menjadi Cboe Digital. Waktu kesepakatan itu tidak menguntungkan, karena musim dingin crypto sudah dekat. Pada Agustus 2022, Cboe mengumumkan penurunan goodwill sebesar $460 juta dalam hasil pendapatan kuartal kedua karena akuisisi ErisX.

Penurunan goodwill adalah jumlah yang hilang dari perusahaan karena membeli aset dengan jumlah yang lebih besar dari nilai buku aset tersebut ketika nilai aset tersebut kemudian menurun. Pada November 2022, Cboe Digital mendatangkan 13 mitra investor ke dalam bisnis tersebut.

Cboe Fokus pada Derivatif Aset Crypto

Cboe Global Markets menutup pasar spot digitalnya dan akan fokus pada perdagangan derivatif aset crypto. Bursa crypto tersebut mengharapkan permintaan yang lebih besar untuk derivatif aset crypto yang diperdagangkan di bursa untuk membantu mengelola eksposur crypto, risiko lindung nilai, dan meningkatkan efisiensi modal dan operasional.

Baca Juga: Token W dari Wormhole Meluncur di Beberapa Blockchain, Mengubah Cara Interaksi Blockchain!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi