Dalam Pengembangan CBDC, Bank Inggris Menekankan Pound Digital Fokus pada Privasi Pengguna

author:

Dalam Pengembangan CBDC, Bank Inggris Menekankan Pound Digital Fokus pada Privasi Pengguna

Bank of England (BoE) sedang dalam proses pengembangan mata uang digital sentral (CBDC) mereka sendiri, yang dikenal sebagai “Pound Digital” atau “Britcoin”. Menurut kepala CBDC BoE, mata uang digital ini akan dirancang dengan fokus pada privasi pengguna, menjadikannya pseudonim (nama samaran atau nama palsu).

Pound Digital: Mata Uang Digital yang Menjaga Privasi

Pound Digital, atau yang juga dikenal sebagai Britcoin, sedang dalam tahap pengembangan oleh Bank of England. Menurut Tom Mutton, Direktur Teknologi BoE, mata uang digital ini akan dirancang dengan fokus pada privasi pengguna. Dalam wawancara baru-baru ini, Mutton mengatakan bahwa Pound Digital akan menjadi pseudonim, yang berarti bahwa transaksi akan dilacak, tetapi identitas pengguna akan tetap terlindungi.

“Tidak akan ada data yang dibagikan kepada Bank of England [BoE], kami akan mengetahui transaksi apa yang telah terjadi tetapi kami tidak akan memiliki data individu yang melakukannya. Sementara penyedia dompet akan memiliki data pengguna tetapi tidak akan memiliki akses ke data transaksi mereka.”

Mutton menekankan bahwa privasi adalah salah satu prioritas utama dalam pengembangan Pound Digital. Oleh karena itu, Pound Digital akan menawarkan tingkat privasi yang seimbang, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dengan aman tanpa khawatir identitas mereka akan disalahgunakan.

Baca juga: Bank Nasional Swiss Luncurkan Proyek Percobaan Mata Uang Digital (CBDC)!

Pound Digital akan menjadi mata uang digital pertama yang dikeluarkan oleh bank sentral di Inggris. Dengan fokus pada privasi, BoE berharap dapat menarik lebih banyak pengguna dan memfasilitasi adopsi mata uang digital di negara tersebut.

Britcoin dan Implikasinya bagi Ekonomi Inggris

inggris siap luncurkan cbdc
Payment Expert

Pengembangan Britcoin oleh BoE merupakan langkah penting dalam evolusi ekonomi digital Inggris. Dengan mata uang digital ini, BoE berharap dapat memodernisasi sistem pembayaran dan memfasilitasi transaksi yang lebih cepat dan lebih efisien.

Selain itu, Britcoin juga dapat membantu BoE dalam mengelola inflasi dan stabilitas ekonomi. Dengan kontrol langsung atas mata uang digital, BoE dapat lebih efektif dalam menerapkan kebijakan moneter dan merespons perubahan ekonomi.

Namun, pengenalan Britcoin juga membawa tantangan. Salah satunya adalah bagaimana memastikan bahwa mata uang digital ini dapat digunakan oleh semua orang, termasuk mereka yang tidak memiliki akses ke teknologi digital. Oleh karena itu, BoE harus bekerja sama dengan pemerintah dan sektor swasta untuk memastikan inklusi digital dan akses yang merata.

Britcoin dan Dunia Cryptocurrency

crypto tsar inggris
Unsplash

Meskipun Britcoin adalah mata uang digital, ia berbeda dari cryptocurrency seperti Bitcoin atau Ethereum. Britcoin adalah mata uang digital yang dikeluarkan oleh bank sentral, yang berarti ia diatur oleh otoritas moneter dan hukum yang ada.

Meski begitu, pengembangan Britcoin menunjukkan pengakuan dari BoE tentang pentingnya teknologi blockchain dan mata uang digital. Ini juga dapat membuka peluang bagi lebih banyak interaksi antarabank sentral dan industri cryptocurrency.

Baca juga: Semakin Terdepan, Visa dan Microsoft Bergabung dalam Percontohan CBDC Brasil

Selain itu, dengan fokus pada privasi, Britcoin mungkin dapat menarik pengguna yang sebelumnya ragu untuk menggunakan cryptocurrency karena alasan privasi. Dengan demikian, Britcoin dapat berfungsi sebagai jembatan antara dunia finansial tradisional dan dunia cryptocurrency.

Secara keseluruhan, pengembangan Pound Digital atau Britcoin oleh Bank of England menandai babak baru dalam evolusi ekonomi digital. Dengan fokus pada privasi pengguna, Britcoin menunjukkan bagaimana bank sentral dapat mengadaptasi teknologi blockchain untuk kebutuhan mereka sendiri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: