Next Level! CBDC Nigeria Kini Dilengkapi dengan Teknologi NFC

author:

Next Level! CBDC Nigeria Kini Dilengkapi dengan Teknologi NFC

Meski mantan gubernurnya dipecat hampir dua bulan lalu, Bank Sentral Nigeria (CBN) tetap berkomitmen pada proyek mata uang digital bank sentral (CBDC) mereka. Menurut laporan media lokal The Sun, bank sentral Nigeria baru-baru ini meningkatkan aplikasi mobile CBDC dengan menggabungkan teknologi Near Field Communication (NFC).

Upgrade ini memungkinkan perangkat mobile dan terminal pembayaran berinteraksi ketika berada dalam jarak dekat, memfasilitasi pembayaran eNaira yang nyaman dan tanpa kontak.

Peningkatan Teknologi NFC untuk Meningkatkan Adopsi eNaira

cbdc nigeria enaira nfc
Sumber: Mariblock

Meski versi sebelumnya telah menggabungkan kode QR, CBN menekankan bahwa penambahan terbaru teknologi NFC akan memainkan peran penting dalam meningkatkan tingkat adopsi untuk CBDC. Joseph Angaye, direktur wakil departemen manajemen risiko CBN, mengungkapkan bahwa regulator perbankan berkomitmen untuk menggunakan teknologi inovatif untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Baca juga: India Memacu Revolusi Digital: Beberapa Bank dan Pelanggan Bergabung dalam Uji Coba CBDC

“Dunia sedang bergerak menuju digital dan CBN tidak bisa tertinggal. Jadi, ketika ada teknologi baru, kami merangkulnya,” komentar Angaye.

Dalam semangat memanfaatkan teknologi baru, Angaye menambahkan bahwa CBDC akan diintegrasikan dengan fitur pemrograman. Menurut Angaye, fitur pemrograman dapat digunakan untuk membatasi pembayaran CBDC ke program pemerintah tertentu untuk mengurangi kejadian penipuan.

“Jika kami ingin mendapatkan dana untuk petani untuk memperoleh alat atau untuk hal spesifik lainnya, kami memprogramnya. Mereka tidak dapat mengalihkan uang yang ditransfer ke dompet eNaira mereka ke hal lain,” kata Angaye.

Manfaat CBDC untuk Pengguna Ritel di Nigeria

Wakil direktur tersebut mencatat bahwa CBDC menawarkan beberapa manfaat bagi pengguna ritel di Nigeria, termasuk menghilangkan risiko penyelesaian dan waktu transaksi yang cepat. Angaye menunjukkan bahwa eNaira berusaha untuk menyelesaikan tantangan inklusi keuangan.

Nigeria meluncurkan eNaira pada tahun 2021 untuk menjadi bagian dari kelompok eksklusif negara dengan penawaran CBDC. Namun, tingkat adopsi telah jatuh di bawah ekspektasi, mendorong bank sentral untuk menjelajahi beberapa opsi untuk mendorong penggunaan.

Baca juga: Mata Uang Nigeria Dinilai Rendah oleh Analis Bank of America, Apa Alasannya?

Selanjutnya, bank sentral meluncurkan kasus penggunaan di sektor transportasi sambil memasukkan fungsi USSD dalam penawaran. Dengan tingkat adopsi yang masih rendah, mantan Gubernur CBN Godwin Emefiele menyalahkan bank komersial karena menghambat pertumbuhan eNaira demi keuntungan mereka.

Penggunaan eNaira untuk Transaksi Lintas Batas

cbdc nigeria enaira nfc
Sumber: Naijnaira

Sejak kepergian Emefiele dari CBN, regulator perbankan telah melanjutkan ekspansi kasus penggunaan CBDC. Pada bulan Juni, bank sentral menyetujui eNaira untuk digunakan untuk remitansi asing oleh operator transfer uang internasional (IMTOs).

Sementara menyelesaikan tantangan tingkat adopsi CBDC yang rendah, langkah baru oleh CBN dipuji sebagai solusi untuk masalah kekurangan dolar yang mengepung negara-negara. CBN mencatat bahwa menggunakan eNaira untuk remitansi adalah “opsional” dan akan ada bersamaan dengan pembayaran dolar tradisional, dengan IMTOs diharapkan untuk mengajukan lisensi satu kali untuk menggunakan layanan.

Dengan adanya peningkatan ini, Nigeria berharap dapat memperluas penggunaan eNaira dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam adopsi CBDC.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: