CBDC Amerika: Siapkah Kamu Untuk Mata Uang Digital Baru dalam 3-5 Tahun Mendatang?

CBDC Amerika: Siapkah Kamu Untuk Mata Uang Digital Baru dalam 3-5 Tahun Mendatang?

Strategi baru dalam dunia keuangan digital sedang dipersiapkan oleh Amerika Serikat. Dalam waktu 3 hingga 5 tahun mendatang, Amerika Serikat diperkirakan akan merilis mata uang digital sentral atau crypto yang dikenal sebagai Central Bank Digital Currency (CBDC).

CBDC, Mata Uang Digital Masa Depan

Menurut laporan terbaru dari Wells Fargo Advisors, Amerika Serikat sedang mempelajari potensi CBDC. Hal ini dimulai setelah Presiden Joe Biden menandatangani perintah eksekutif yang memberi wewenang kepada Federal Reserve atau Fed untuk memulai penelitian tentang teknologi CBDC.

Baca Juga: Survei Bank for International Settlements: 93% Bank di Dunia Berlomba Mengembangkan CBDC

Meski demikian, perkiraan waktu peluncuran CBDC masih membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 5 tahun. Program pembayaran cepat baru, FedNow, yang diluncurkan pada Juli 2023, bisa menjadi petunjuk tentang jadwal peluncuran CBDC.

FedNow sendiri membutuhkan waktu hampir 10 tahun untuk penelitian sebelum akhirnya diluncurkan. Meski demikian, peluncuran CBDC diperkirakan tidak akan membutuhkan waktu sepanjang itu.

Debat Mengenai Privasi dan CBDC

debat kongres terkait cbdc amerika
Sumber: Blockchain News

Debat mengenai potensi CBDC di Amerika Serikat diprediksi akan semakin memanas. CBDC memiliki potensi untuk diprogram, yang berarti bisa dilacak, dipantau, dan ditutup oleh otoritas. Namun, teknologi ini juga fleksibel dan bisa dirancang untuk ramah privasi.

Banyak pejabat terpilih telah mulai mengungkapkan kekhawatiran mereka tentang privasi pribadi. Hal ini juga berlaku untuk banyak calon presiden, jadi kamu bisa mengharapkan untuk mendengar istilah CBDC secara reguler menjelang pemilihan 2024.

Apakah Amerika Butuh CBDC?

Menurut analis Wells Fargo Advisors, belum ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa Amerika ‘membutuhkan’ CBDC. Otoritas pusat, seperti Federal Reserve dan Treasury, tentu bisa mendapatkan manfaat dari uang yang dapat dilacak.

CBDC bisa memberi mereka wawasan berharga tentang ekonomi Amerika dan juga ekonomi global, dengan dolar AS sebagai mata uang cadangan dunia. Namun, kecerdasan moneter yang lebih baik untuk perencana pusat harus ditimbang dengan potensi kehilangan privasi individu di negara yang didirikan atas hak individu.

Paragraf Penutup

Dengan potensi peluncuran CBDC dalam 3 hingga 5 tahun mendatang, Amerika Serikat sedang berada di ambang revolusi keuangan digital. Meski demikian, pertimbangan terhadap privasi individu dan kebutuhan riil atas CBDC masih menjadi pertanyaan yang harus dijawab.

Baca Juga: Ketergantungan Dengan Minyak, Arab Saudi Siap Luncurkan CBDC Sebagai Solusi?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi