Kompetisi Catur di Web3? Ini Rencana Terbaru Federasi Catur Internasional!

Kompetisi Catur di Web3? Ini Rencana Terbaru Federasi Catur Internasional!

Pada Jumat, 23 Desember 2022, Federasi Catur Internasional (FIDE), resmi mengumumkan bahwa mereka berkolaborasi dengan blockchain Avalanche untuk mulai berekspansi dan membawa kompetisinya ke Web3.

Ingin tahu seperti apa penerapan kolaborasi FIDE dengan blockchain Avalanche untuk menerapkan kompetisi catur di Web3? Simak berita lengkapnya berikut ini!

FIDE Akan Membawa Kompetisi Catur ke Web3

FIDE Akan Membawa Kompetisi Catur ke Web3
Sumber: Freepik

Dilansir dari Coindesk, kolaborasi antara FIDE dengan Avalanche (AVAX) akan menciptakan “efisiensi operasional untuk pemain dan federasi serta meningkatkan integritas permainan,” contohnya seperti menerbitkan data turnamen dan peringkat pemain secara on-chain, serta kumpulan hadiah turnamen yang diselenggarakan oleh AVAX.

Tujuan dari adanya kolaborasi FIDE dengan AVAX adalah untuk meningkatkan integritas permainan, mengikutsertakan generasi pemain baru, dan meningkatkan inovasi.

Kolaborasi ini juga menggandeng Ava Labs, developer di balik blockchain Avalanche, dan dompet crypto Core, sebagai sponsor unggulan di turnamen catur fisik di seluruh dunia, termasuk World Chess Championship dan Chess Olympiad.

“Catur adalah olahraga yang unik dan kolaborasi ini akan memungkinkan kami untuk menyatukan komunitas kami dan memperkuat ikatan antara pemain, klub, federasi, dan FIDE,” kata Emil Sutovsky, CEO FIDE, dikutip dari Coindesk, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga: Debut NFT Pertamanya, National Geographic Akan Luncurkan 1.888 NFT di Tahun 2023!

FIDE Bertujuan Untuk Kembangkan Catur ke Industri Digital

FIDE Bertujuan Untuk Kembangkan Catur ke Industri Digital
Sumber: Freepik

Integrasi Web3 FIDE mengikuti perkembangan dunia catur yang secara bertahap merangkul media digital. Dilansir dari Cryptoslate, federasi mengatakan bahwa ada lebih dari 100 juta orang bermain catur online secara reguler dan bersaing dalam lebih dari 25 juta pertandingan catur virtual setiap hari.

Meskipun minat Web3 dan NFT menurun dalam beberapa bulan terakhir, federasi seperti FIDE masih melihat potensi dalam industri untuk mengembangkan olahraganya.

Pasalnya, ini bukanlah kali pertamanya FIDE masuk ke industri crypto. Sebelumnya, pada 2021, FIDE berkolaborasi dengan TON Labs untuk meluncurkan NFT marketplace-nya sendiri.

Tak hanya itu, pemain catur yang melegenda, Garry Kasparov, juga meluncurkan koleksi NFT pertamanya pada awal bulan Desember 2022 lalu. Ada pula game catur play-to-earn seperti MetaChess yang telah diluncurkan dan menjadi salah satu game terpopuler selama setahun terakhir.

Referensi: