Cardano Luncurkan Vasil Hard Fork, Apa Saja Fitur dan Dampaknya?

author:

Cardano Luncurkan Vasil Hard Fork, Apa Saja Fitur dan Dampaknya?

Cardano, salah satu blockchain terkemuka di dunia crypto, telah meluncurkan hard fork Vasil pada 22 September 2022. Upgrade ini dirancang untuk meningkatkan skalabilitas ekosistem dan kapasitas pengembangan aplikasi terdesentralisasi (DApps) Cardano. Bahas lebih lanjut, yuk!

Fitur Utama dari Cardano Vasil Hard Fork

Hard fork Vasil menawarkan sejumlah perbaikan dan fitur baru untuk Cardano. Salah satunya adalah peningkatan skalabilitas dan kapasitas transaksi. Selain itu, upgrade ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas kontrak pintar Cardano.

Baca juga: Situasi Pasar Cardano Saat Ini: Bagaimana Masa Depannya di Sisa Tahun 2023?

Shahaf Bar-Geffen, CEO dari COTI, menekankan bahwa hard fork ini akan meningkatkan efisiensi Djed, sebuah stablecoin algoritmik yang dikembangkan oleh IOHK dan COTI Group.

“Peningkatan Vasil menandai dimulainya era baru untuk ekosistem Cardano dan ruang keuangan terdesentralisasi pada umumnya. Peningkatan ini bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas jaringan dan meningkatkan kemampuan kontrak pintar Cardano.”

Mengapa Vasil Penting?

Hard fork Vasil bukan hanya sekedar upgrade teknis untuk Cardano; ini adalah langkah strategis yang menunjukkan visi dan ambisi jangka panjang dari platform. Dinamai berdasarkan anggota terkemuka dari komunitas Cardano, Vasil St. Dabov, upgrade ini menandai komitmen Cardano untuk menghormati kontributor penting dan memastikan bahwa jaringan terus berinovasi sesuai dengan kebutuhan komunitasnya.

Dengan meningkatkan efisiensi, kecepatan, dan kapasitas pemrosesan transaksi, Vasil mempersiapkan Cardano untuk menghadapi volume transaksi yang meningkat di masa depan. Ini penting mengingat pertumbuhan eksponensial dalam adopsi blockchain dan aplikasi terdesentralisasi (DApps) di seluruh dunia.

Selain itu, pengenalan tiga Proposal Peningkatan Cardano (CIPs) utama – CIP-31, CIP-32, dan CIP-33 – menunjukkan dedikasi Cardano untuk terus memperbaiki dan memperbarui protokolnya. Setiap CIP menawarkan fitur dan peningkatan khusus yang dirancang untuk memperkaya ekosistem Cardano dan memastikan bahwa platform tetap kompetitif di pasar yang semakin padat.

Baca juga: Cardano Buat Gebrakan Besar: Project Catalyst Fund 10 Punya Misi Penting Terhadap Cardano!

Tetapi lebih dari sekedar fitur dan peningkatan teknis, Vasil menandai evolusi dalam filosofi dan pendekatan Cardano terhadap pembangunan blockchain.

Dampak Potensial pada ADA

staking apy cardano
Sumber: Capital

Meskipun hard fork pertama dimulai pada 22 September 2022, upgrade lanjutan dijadwalkan untuk 27 September. Selain upgrade Vasil, tim Cardano juga sedang mengembangkan solusi scaling layer-2 mereka, yaitu protokol Hydra head.

Meskipun Vasil dijadwalkan untuk diluncurkan lebih awal tahun ini, ada beberapa hambatan yang mengakibatkan penundaan. Namun, meskipun ada penundaan, Cardano tetap menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Dengan peluncuran hard fork Vasil, Cardano telah menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan memperkuat posisinya di dunia blockchain. Meskipun ada beberapa tantangan di sepanjang jalan, langkah-langkah seperti ini menunjukkan potensi besar Cardano di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: