Cardano Ungguli Ethereum dan Polkadot dalam Aksi Pengembangan Terbaru!

author:

Cardano Ungguli Ethereum dan Polkadot dalam Aksi Pengembangan Terbaru!

Apakah kamu tahu bahwa jaringan blockchain Cardano (ADA) berbasis Proof-of-Stake (PoS) baru-baru ini mencatat prestasi mengesankan? Berdasarkan data dari platform analitik crypto Santiment, Cardano berhasil mengungguli para pesaingnya dalam hal aktivitas pengembangan di GitHub.

Dengan total 332,9 commits dalam 30 hari terakhir, Cardano menunjukkan dominasinya di dunia crypto.

Cardano di Puncak Aktivitas Pengembangan

cardano ungguli polkadot ethereum
Sumber: X

Cardano tidak hanya sekali ini saja berada di garis depan. Selama beberapa bulan terakhir, Cardano terus mempertahankan posisi teratas dalam keterlibatan pengembang, meskipun banyak protokol alternatif bermunculan.

Baca juga: Ketertarikan Korporat Terhadap NFT Memuncak, NFT Cardano Masuk 10 Besar!

Tidak ada lonjakan signifikan dalam aktivitas pengembangan Cardano dari laporan sebelumnya, namun tetap saja, Cardano berhasil mempertahankan keunggulannya. Liburan Desember tampaknya memperlambat aktivitas pengembang secara keseluruhan, namun hal ini tidak mengurangi semangat para pengembang Cardano.

Mereka terus bekerja keras untuk memastikan bahwa platform mereka tetap menjadi salah satu pesaing utama Ethereum. Ini menunjukkan bahwa Cardano serius dalam upayanya menjadi ‘pembunuh Ethereum’.

Perbandingan dengan Polkadot dan Ethereum

proyek polkadot
Sumber: Tokize

Polkadot, yang sering dianggap sebagai rival terdekat Cardano, mencatatkan 329,57 commits, hampir menyamai jumlah Cardano. Sementara itu, Kusama, jaringan canary dari Polkadot, juga mencatatkan angka yang sama. Ini menunjukkan persaingan yang ketat antara kedua platform tersebut dalam hal pengembangan.

Ethereum, sebagai salah satu pemain utama di dunia crypto, ternyata memiliki jumlah commits yang lebih rendah dibandingkan dengan Cardano, Polkadot, dan Kusama. Hal ini menarik perhatian karena menunjukkan bahwa meskipun Ethereum memiliki ekosistem yang besar, platform lainnya tidak tinggal diam dan terus berinovasi.

Baca juga: Cardano Siap Meledak! Inilah Faktor-Faktor yang Mendorong Kenaikan Harga

Performa Rantai Alternatif Lainnya

Protokol seperti Optimism dan Status (SNT) juga menunjukkan peningkatan aktivitas pengembangan dengan total commits masing-masing sebesar 281,03 dan 262,23. Hedera dan Cosmos tidak ketinggalan, dengan masing-masing mencatatkan 251,57 dan 246,17 commits.

Internet Computer dan Chainlink, bersama dengan Ethereum, mencatatkan jumlah commits yang lebih rendah dibandingkan dengan Cardano. Namun, ini tidak mengurangi fakta bahwa mereka juga terus berupaya untuk mengembangkan dan memperbarui protokol mereka agar tetap relevan di pasar crypto yang sangat kompetitif.

Meskipun aktivitas pengembangan yang tinggi tidak selalu berbanding lurus dengan pertumbuhan harga, Cardano dan platform lainnya menunjukkan bahwa mereka tidak berhenti berinovasi.

Mereka terus membangun dan mempersiapkan masa depan crypto, menegaskan posisi mereka sebagai pemain utama di industri ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: