Cardano Staking Tembus Rekor $5.7 Miliar, Bagaimana Dampaknya pada Harga ADA?

Cardano Staking Tembus Rekor $5.7 Miliar, Bagaimana Dampaknya pada Harga ADA?

Dalam dunia pasar crypto yang dinamis, investor Cardano (ADA) semakin cerdas dalam melindungi investasi mereka. Dengan harga ADA yang menghadapi resistensi di angka $0.30, data on-chain menunjukkan lonjakan aktivitas staking.

Artikel ini akan membahas perkembangan terbaru dalam ekosistem staking Cardano, dampaknya terhadap harga, dan perubahan sentimen di antara para investor.

Lonjakan Aktivitas Staking Cardano

Cardano, yang sering dipuji karena teknologi blockchain-nya yang kuat dan berkelanjutan, telah menarik perhatian investor yang mencari sumber pendapatan pasif.

Data terbaru menunjukkan peningkatan signifikan dalam staking ADA, dengan jumlah ADA yang di-stake mencapai puncak 90 hari sebesar 22.97 miliar ADA, setara dengan $5.7 miliar yang mengesankan.

Baca Juga: Prediksi Harga Cardano (ADA) 2023, 2025, 2030: Bisa Capai $10 dan Mendominasi Market?

Jumlah ini mewakili sebagian besar, sekitar 65%, dari total kapitalisasi pasar Cardano. Pemegang ADA yang berusaha mengurangi potensi kerugian telah secara strategis memeluk staking.

Mereka telah men-stake 22.4 miliar koin ADA di berbagai platform pada 28 September, dan sejak itu, mereka telah men-stake tambahan 550 juta ADA, mendorong angka tersebut ke puncak saat ini.

Dampak Staking pada Harga ADA

staking apy cardano
Sumber: Capital

Dinamika kunci dari peningkatan staking adalah pengaruh positifnya terhadap harga ADA. Koin ADA yang di-stake sementara waktu dikunci dalam smart contract mengurangi ketersediaan mereka untuk diperdagangkan segera.

Pembatasan pasokan ini dapat meningkatkan harga ADA, terutama selama periode ketidakpastian pasar. Data historis menunjukkan bahwa pemegang ADA cenderung meningkatkan aktivitas staking mereka selama penurunan harga yang tajam, yang berpotensi berkontribusi pada stabilisasi harga.

Sentimen Investor di Tengah Ketegangan Geopolitik

Sentimen yang lebih luas mengenai pasar altcoin baru-baru ini telah berubah menjadi bearish, sebagian didorong oleh meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

Meskipun investor Cardano jangka panjang tetap berkomitmen untuk men-stake kepemilikan mereka, pelaku baru yang strategis melihat peluang untuk mengumpulkan ADA dengan harga yang lebih rendah. Perubahan sentimen ini terlihat dalam buku pesanan bursa utama.

Paragraf Penutup

Dengan harga Cardano yang berada di sekitar level dukungan $0.23, indikator on-chain dan sentimen investor menjadi faktor kunci. Jika ADA berhasil merebut kembali level resistensi $0.30, ini bisa membuka jalan untuk reli bullish.

Namun, skenario ini tampaknya jauh sekarang, karena 129.700 alamat telah mengumpulkan 2.26 miliar ADA dengan harga rata-rata $0.26.

Baca Juga: Cardano Spot Meluncurkan Fitur-Fitur Baru untuk Memperkuat Komunitas Blockchain

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi