Cardano Semakin Menguat, Kini TVL-nya Mencapai Lebih dari 400 Juta ADA!

author:

Cardano Semakin Menguat, Kini TVL-nya Mencapai Lebih dari 400 Juta ADA!

Baru-baru ini, Cardano (ADA) telah mencapai tonggak sejarah dengan nilai total terkunci (TVL) di ekosistem DeFi mereka mencapai lebih dari 400 juta ADA.

Lonjakan yang dramatis ini telah mendorong Cardano (ADA) mendaki peringkat dalam dunia DeFi, menempatkan mereka dalam posisi yang semakin kuat.

TVL Cardano Melonjak, Mencapai 409.86 Juta

Secara singkat, nilai total terkunci (TVL) adalah ukuran yang digunakan dalam ekosistem DeFi untuk menunjukkan berapa banyak aset crypto yang saat ini digunakan dalam suatu platform.

tvl cardano ada
Sumber: Defillama

Mengutip laporan BeInCrypto (20/5/23), dalam hal ADA, nilai total aset yang terkunci di ekosistem keuangan terdesentralisasi Cardano mencapai titik tertinggi sepanjang masa, yakni sebesar 417,7 juta koin pada 14 Mei 2023.

Selagi TVL telah turun menjadi 409.86 juta koin pada saat berita ini dirilis, namun peningkatan tersebut menunjukkan bahwa ekosistem Cardano DeFi berkembang pesat.

Dalam mata uang Dolar AS, aktivitas DeFi di Cardano telah tumbuh secara konsisten sejak awal tahun ketika TVL hanya sekitar $50 juta atau Rp746 miliar. Lebih lanjut, angka tersebut telah meningkat tiga kali lipat dalam waktu kurang dari enam bulan menjadi $151.08 juta atau Rp2,2 triliun, meskipun masih jauh lebih rendah dari nilai tertingginya sepanjang masa yang mencapai lebih dari $300 juta atau Rp4,4 triliun.

Menurut laporan, lonjakan nilai TVL ini menandakan kepercayaan yang kuat dari komunitas crypto terhadap Cardano. Mereka melihat platform ini sebagai tempat yang aman dan menguntungkan untuk menempatkan aset mereka. Dengan demikian, Cardano telah menjadi tujuan utama bagi banyak investor dan pengguna DeFi.

Baca juga: Meledak! Cardano Menambahkan Lebih dari 1.000 Smart Contract Sejak Awal Tahun 2023

Tidak hanya itu, peningkatan ini mungkin disebabkan oleh beberapa alasan, termasuk teknologi yang kuat, komunitas yang aktif, dan prospek yang cerah untuk masa depan Cardano. Dengan semakin banyak orang yang terlibat dalam ekosistem Cardano, ada harapan bahwa nilai TVL ini akan terus meningkat.

Protokol DeFi yang Dominan di Cardano

Menurut laporan, protokol DeFi yang dominan di Cardano adalah pertukaran terdesentralisasi (DEX) Minswap, dengan menyumbang $55,7 juta atau Rp831 miliar dari total TVL.

Protokol aset sintetis non-kustodian terdesentralisasi Indigo mengikuti DEX, dengan TVL sebesar $29,67 juta atau Rp443 miliar. Selama seminggu terakhir, kedua protokol tersebut mengalami peningkatan jumlah aset yang dikunci masing-masing sebesar 10,55% dan 8,35%.

Sementara itu, WingRiders DEX berada di urutan ketiga dengan TVL sebesar $15,61 juta atau Rp233 miliar, selagi stablecoin pertama Cardano, Djed, memiliki $13,75 juta atau Rp205 miliar yang terkunci di TVL.

Lebih lanjut, protokol peminjaman Liqwid melengkapi 5 besar dengan TVL sebesar $11,97 juta atau Rp178 miliar.

Sedangkan protokol DeFi seperti Aada dan FluidTokens tumbuh secara signifikan selama tujuh hari terakhir.

Cardano Mendaki Peringkat DeFi: Apa Alasan Dibalik Kenaikan Ini?

Cardano (ADA)
Bitcoinist

Kenaikan nilai TVL Cardano telah mendorongnya mendaki peringkat dalam ekosistem DeFi. Mengutip laporan BeInCrypto, ada beberapa alasan potensial di balik lonjakan ini.

Pertama, teknologi blockchain Cardano yang unik dan kuat menarik banyak investor dan pengguna. Selain itu, ekosistem DeFi Cardano menawarkan sejumlah fitur dan kemampuan yang tidak tersedia di platform lain.

Selain itu, Cardano (ADA) juga telah bekerja keras untuk membangun komunitas yang kuat dan aktif. Mereka telah berhasil menciptakan ekosistem yang mendukung dan mendorong pertumbuhan dan inovasi. Ini telah menarik banyak pengguna dan investor yang tertarik untuk menjadi bagian dari komunitas ini.

Baca juga: Hore! Cardano Meluncurkan Hydra Node Pertama yang Kompatibel dengan Mainnet

Lebih lanjut, ada harapan yang tinggi untuk masa depan Cardano (ADA). Banyak pengamat dan analis percaya bahwa Cardano (ADA) memiliki potensi untuk menjadi salah satu pemimpin dalam dunia DeFi. Dengan demikian, kenaikan nilai TVL ini bisa menjadi indikator awal dari pertumbuhan dan kesuksesan yang akan datang.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: