Akhirnya, Cardano Luncurkan Stablecoin Berbasis Fiat, USDM!

Akhirnya, Cardano Luncurkan Stablecoin Berbasis Fiat, USDM!

Cardano, blockchain layer-1 yang populer, akhirnya meluncurkan stablecoin berbasis fiat pertamanya, USDM. Stablecoin ini hadir sebagai pemain baru di pasar stablecoin senilai $146 miliar yang didominasi oleh Tether (USDT) dan Circle (USDC). USDM menawarkan nilai tukar 1:1 dengan dolar AS dan memungkinkan pengguna untuk mencetak atau menukarkan USDM melalui dolar AS. Simak berita lengkapnya berikut ini!

USDM: Sebuah Inovasi Baru di Ekosistem Cardano

usdm
Sumber: Akun X USDM on Cardano

USDM hadir sebagai stablecoin berbasis fiat pertama di Cardano, menawarkan alternatif yang lebih stabil dibandingkan stablecoin algoritmik dan sintetis seperti DJED dan iUSD. Diluncurkan pada tanggal 17 Maret, USDM memungkinkan pengguna untuk mencetak atau menukarkan USDM melalui dolar AS. Hal ini memberikan fleksibilitas dan keamanan yang lebih tinggi bagi pengguna Cardano.

Peluncuran USDM tidak berjalan mulus. Matthew Plomin, mitra pendiri Mehen Finance, mengungkapkan bahwa proses peluncuran menghadapi berbagai kendala, terutama karena masalah dengan bank-bank AS pada tahun 2023. Penutupan Silicon Valley Bank, Silvergate, dan Signature Bank pada bulan Maret 2023 menyebabkan perubahan rencana peluncuran USDM.

Baca Juga: Harga Token Mayoritas Anjlok 20%, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (19/3/24)?

Mehen Finance Bermitra dengan Plaid untuk Mendukung USDM

Setelah menghadapi tantangan dengan bank-bank AS, Mehen Finance beralih ke perusahaan fintech Plaid untuk mendukung pencetakan dan pembakaran dolar AS untuk USDM. Plaid menyediakan jaringan transfer pembayaran antara Bank of America, Chase, Wells Fargo, dan bank-bank besar AS lainnya untuk mendukung produk fintech dan mata uang kripto. Integrasi dengan Plaid memungkinkan Mehen Finance untuk melanjutkan peluncuran USDM.

Peluncuran USDM disambut dengan optimisme oleh komunitas Cardano. Stablecoin ini diharapkan dapat meningkatkan utilitas jaringan Cardano dan mendorong pertumbuhan DeFi di ekosistem Cardano. USDM akan tersedia di 17 negara bagian AS dan akan segera terdaftar di bursa terdesentralisasi terbesar Cardano, MinSwap, dan Genius Yield.

Kesimpulan

Peluncuran USDM menandai tonggak sejarah penting bagi Cardano. Stablecoin berbasis fiat ini menawarkan stabilitas dan keamanan yang lebih tinggi bagi pengguna Cardano. Meskipun menghadapi tantangan selama proses peluncuran, Mehen Finance berhasil mengatasi kendala tersebut dengan bermitra dengan Plaid. USDM diharapkan dapat mendorong pertumbuhan DeFi di Cardano dan meningkatkan daya tarik jaringan bagi pengguna dan pengembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi