Crypto Drainer Incar Dompet Crypto Investor Singapura, Keamanan Investor Terancam?

Crypto Drainer Incar Dompet Crypto Investor Singapura, Keamanan Investor Terancam?

Crypto drainer atau penguras dompet crypto menjadi ancaman serius bagi investor crypto di Singapura. Otoritas setempat telah mengeluarkan peringatan keamanan siber setelah menerima laporan adanya peningkatan penggunaan crypto drainer untuk mencuri dana dari investor di seluruh ekosistem crypto.

Bagaimana Crypto Drainer Bekerja?

Crypto drainer adalah jenis malware yang menargetkan dompet crypto. Malware ini biasanya disebarkan melalui serangan phishing, di mana korban dikirimi tautan atau email palsu yang mengarahkan mereka ke situs web palsu.

Baca Juga: Heboh! Singapura Tolak Bitcoin ETF, Apa Dampaknya Bagi Investor?

Situs web palsu ini kemudian meminta korban untuk menghubungkan dompet crypto mereka, dan setelah terhubung, crypto drainer akan secara otomatis mencuri dana dari dompet tersebut.

Dampak Crypto Drainer

skema penipuan crypto
Bitcoin.com News

Serangan crypto drainer dapat menyebabkan kerugian finansial yang besar bagi korban. Dalam satu kasus, seorang investor crypto di Singapura kehilangan $59 juta cryptocurrency setelah dompetnya dibobol oleh crypto drainer.

Dana yang dicuri biasanya akan ditransfer ke layanan yang mempersulit penelusuran, seperti cryptocurrency mixer, sehingga peluang untuk memulihkan dana tersebut sangat kecil.

Bagaimana Melindungi Diri dari Crypto Drainer?

Untuk melindungi diri dari serangan crypto drainer, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan:

– Gunakan dompet perangkat keras (hardware wallet) untuk menyimpan cryptocurrency kamu. Hardware wallet adalah perangkat fisik yang dirancang khusus untuk menyimpan cryptocurrency secara aman.

– Jangan pernah mengklik tautan atau membuka email dari sumber yang tidak dikenal.

– Selalu periksa ulang alamat situs web sebelum memasukkan informasi pribadi atau menghubungkan dompet crypto kamu.

– Aktifkan autentikasi dua faktor (2FA) untuk semua akun crypto kamu.

– Laporkan setiap aktivitas mencurigakan kepada pihak berwenang dan penyedia layanan crypto kamu.

Paragraf Penutup

Serangan crypto drainer merupakan ancaman serius bagi investor crypto. Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang disebutkan di atas, kamu dapat melindungi diri dari serangan ini dan menjaga keamanan dana crypto kamu.

Baca Juga: Singapura Bakal Hadirkan 15.000 Ahli AI Baru, Siap Jadi Pemimpin Global dalam Inovasi AI?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi