5 Cara Invest Crypto Modal Kecil Dapat Profit Harian!

5 Cara Invest Crypto Modal Kecil Dapat Profit Harian!

Dalam dunia crypto yang penuh dinamika, banyak orang beranggapan bahwa hanya dengan modal besar seseorang dapat meraih keuntungan maksimal. Namun, kenyataannya berbeda. Ada berbagai cara untuk menginvestasikan modal kecil di dunia crypto dan tetap mendapatkan profit harian terutama buat kamu para investor pemula yang baru saja masuk ke dunia crypto!

whale shiba inu
Sumber: Etherscan
profit shiba inu
Sumber: Etherscan

Salah satu kisah sukses investasi crypto dengan modal kecil datang dari investor Shiba Inu (SHIB). Dilansir dari Watcher Guru, pada 27 Oktober 2020, seorang investor membeli lebih dari 200 miliar token Shiba Inu dengan hanya $17,61 yang setara dengan Rp276.195 (kurs $1 = Rp15.600), menggunakan platform DeX Uniswap. Investasi awal yang tampaknya kecil ini kini bernilai $1.477.933,58 yang setara dengan Rp23,1 miliar (kurs $1 = 15.600), menandai kenaikan nilai sebesar 8.392.481% dalam waktu 3 tahun.

Dari kisah sukses tersebut menandakan bahwa profit maksimal dalam investasi crypto tidak harus menggunakan modal yang besar, namun bisa dimulai dengan modal kecil atau minimum. Lalu, gimana ya cara invest crypto dengan modal kecil namun bisa tetap mendapatkan profit harian? Yuk, simak penjelasan detailnya berikut ini!

1. Amankan Kebutuhan Utama Kamu Terlebih Dahulu

modal invest crypto
Sumber: Moneywise

Sebelum terjun ke dunia investasi crypto, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan kebutuhan pokok dan keuangan pribadi terjamin. Mengapa ini penting? Karena investasi selalu datang dengan risiko, dan dunia crypto dikenal dengan fluktuasi harga yang ekstrem.

Menurut Bankrate, untuk kebutuhan dana darurat, pastikan kamu memiliki dana darurat yang cukup untuk menutupi biaya hidup selama minimal 3-6 bulan. Dana ini akan melindungi kamu dari risiko keuangan yang mungkin muncul, seperti kehilangan pekerjaan atau kondisi darurat lainnya.

Sebelum mulai berinvestasi, pastikan kamu juga telah melunasi hutang dengan bunga tinggi dan memiliki rencana pembayaran untuk kewajiban keuangan lainnya. Mengelola hutang dengan bijak akan memberi kamu kebebasan finansial untuk berinvestasi dengan lebih percaya diri.

Tidak hanya itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, luangkan waktu untuk mempelajari dasar-dasar investasi crypto, terutama buat kamu yang baru pertama kali melakukan investasi. Ada banyak sumber daya online yang dapat membantu kamu memahami cara kerja pasar crypto, risiko yang terkait, dan strategi investasi yang efektif.

Baca Juga: Rahasia Mendapatkan Keuntungan Besar dari Investasi Crypto Baru Sebelum Listing

2. Explore Tentang Dunia Investasi Crypto dengan Modal Minimum

explore tentang dunia crypto
Sumber: Cryptomaniaks

Meskipun kamu mungkin memiliki modal yang terbatas, dunia crypto menawarkan berbagai peluang bagi investor pemula untuk mulai berinvestasi dan membangun portofolio.

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum terjun ke market crypto adalah explore platform atau exchange crypto. Sebagai investor pemula, kamu bisa memilih platform crypto yang user-friendly. Hal ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk memastikan awal yang mulus dalam perjalanan investasi crypto mu nantinya.

Setelah kamu memilih platform crypto, yuk ketahui tipe-tipe investasi crypto dengan modal kecil berikut ini!

  • Crypto Savings Accounts: Mirip dengan tabungan di bank konvensional, crypto savings accounts memungkinkan kamu untuk menyimpan aset crypto dan mendapatkan bunga dari deposit tersebut. Beberapa platform bahkan menawarkan tingkat bunga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan tradisional. Ini memberikan kesempatan bagi kamu untuk memperoleh pendapatan pasif tanpa harus aktif dalam trading.
  • Pembelian Fraksional: Kamu tidak perlu membeli satu Bitcoin atau Ethereum penuh untuk memulai. Banyak platform kini menawarkan pembelian fraksional, yang memungkinkan kamu untuk membeli sebagian kecil dari satu koin. Ini memungkinkan kamu untuk diversifikasi investasi mu dengan modal yang lebih kecil.
  • Program Bonus dan Hadiah: Beberapa platform crypto menawarkan bonus untuk pendaftaran baru atau untuk melakukan tindakan tertentu, seperti verifikasi akun atau referensi teman. Meskipun mungkin bukan jumlah yang besar, ini adalah cara yang bagus untuk menambah aset crypto mu tanpa harus menginvestasikan uang kamu sendiri.

Baca Juga: Survei: 46% Orang Pilih Investasi Crypto untuk Tingkatkan Kualitas Hidup!

3. Liquidity Mining

Liquidity mining, atau penyediaan likuiditas, telah menjadi salah satu metode paling populer untuk mendapatkan pendapatan pasif di dunia crypto. Namun, seperti semua bentuk investasi, ada risiko yang harus dipertimbangkan. Dengan pendekatan yang tepat, kamu dapat meminimalkan risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan mu. Yuk, simak detailnya berikut ini!

  • Pahami Impermanent Loss

Tahukah kamu bahwa salah satu risiko terbesar dalam liquidity mining adalah impermanent loss? Hal Ini terjadi ketika nilai aset dalam liquidity pool berubah relatif terhadap aset lainnya. Dengan memahami konsep ini, kamu dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang kapan harus memasukkan atau mengeluarkan dana dari liquidity pool.

  • Pilih Proyek Crypto dengan Dasar yang Kuat

Tidak semua proyek crypto diciptakan sama. Sebelum memutuskan untuk menyediakan likuiditas, lakukan research yang mendalam tentang proyek tersebut. Pastikan proyek memiliki dasar yang kuat, tim yang berpengalaman, dan visi jangka panjang yang jelas. Melakukan investasi pada proyek dengan dasar yang kuat berpotensi mengurangi risiko kamu.

  • Evaluasi Strategimu Secara Berkala

Dunia crypto berubah dengan cepat. Apa yang terjadi hari ini mungkin tidak akan terjadi besok. Oleh karena itu, penting untuk terus menilai strategi liquidity mining kamu. Jika dinamika proyek berubah, atau ada informasi baru yang muncul, jangan ragu untuk menyesuaikan investasimu sesuai kebutuhan. Fleksibilitas dan kesediaan untuk belajar dari pengalaman adalah kunci keberhasilan dalam liquidity mining.

Dengan pendekatan yang tepat dan pemahaman mendalam tentang risiko dan peluang, liquidity mining dapat menjadi sumber pendapatan yang stabil dan menguntungkan di dunia crypto.

Baca Juga: SushiSwap Luncurkan Liquidity Pool V3 di 13 Jaringan, Polygon Salah Satunya!

4. Yield Farming

yield farming
Sumber: Pixelplex

Yield farming, atau pertanian hasil, adalah salah satu metode di dunia crypto yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan imbalan tambahan atas aset crypto yang kamu depositkan.

Alih-alih hanya menyimpan aset crypto, yield farming memungkinkan individu yang proaktif untuk memaksimalkan pengembalian atas aset yang dimiliki dengan memanfaatkan berbagai skema imbalan yang ditawarkan oleh berbagai proyek. Yuk, simak detailnya berikut ini!

  • Diversifikasi investasi kamu

Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko, sebarkan investasi yield farming mu di berbagai platform dan aset. Dengan diversifikasi, kamu dapat meminimalkan dampak negatif dari perubahan pasar atau masalah dengan platform tertentu.

  • Strategi keluar yang jelas

Memiliki strategi keluar yang jelas adalah kunci dalam yield farming. Ketahui kapan saatnya untuk mengambil keuntungan dan kapan harus keluar dari sebuah farm jika situasinya menjadi tidak stabil.

  • Manfaat dan Risiko

Lalu, apa manfaat dan risiko dari yield farming? Manfaat utama dari yield farming adalah kamu dapat memegang aset crypto mu sambil mendapatkan pengembalian tambahan. Namun, ada beberapa risiko yang harus diperhatikan, seperti risiko dari pengembang dApp, smart contract, dan volatilitas pasar.

Yield farming telah membuka peluang baru bagi para investor crypto untuk memaksimalkan keuntungan dalam berinvestasi. Dengan pendekatan yang tepat, diversifikasi, dan pemahaman risiko, kamu dapat memanfaatkan yield farming sebagai salah satu instrumen untuk memperkaya portofolio mu di dunia crypto.

Baca Juga: 5 Game NFT Play To Earn Crypto Terbaru 2023, Ada Game Favoritmu?

Pintu Earn

Pintu Earn adalah salah satu fitur unggulan dari platform Pintu yang memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan aset crypto yang dimiliki. Dengan fitur ini, kamu dapat menyimpan berbagai jenis aset crypto. Terdapat dua pilihan dalam fitur Earn, yaitu Flexi Earn dan Locked Earn.

Jika kamu memilih Flexi Earn, kamu memiliki kebebasan untuk menarik aset kapan saja sesuai kebutuhan. Namun, dengan Locked Earn, aset kamu akan dikunci selama periode tertentu, yakni 30 atau 90 hari, sebelum dapat ditarik kembali ke saldo aktif. Apa keunggulan dari Pintu Earn ini?

Keunggulan dari Pintu Earn

  • Sistem pembayaran bunga yang dilakukan setiap jam, memungkinkan kamu untuk memantau pertumbuhan aset secara real-time melalui dompet Pintu Earn.
  • Fitur ini menawarkan fleksibilitas bagi para pengguna, di mana saldo di Pintu Earn dapat ditambah atau ditarik kapan saja, sesuai dengan kebutuhan trading mu. Hal ini tentu sangat menguntungkan, terutama bagi trader jangka pendek yang memiliki aktivitas trading yang intens. Tidak ada batasan minimum untuk top-up saldo di Pintu Earn.
  • Dalam hal bunga, Pintu Earn menawarkan keuntungan hingga 13% per tahun, meskipun bunga mungkin berbeda untuk setiap aset crypto dan dapat berubah sewaktu-waktu. Yang menarik, jenis bunga yang diterima pengguna akan sesuai dengan jenis aset yang diinvestasikan. Sebagai contoh, jika kamu menyimpan Bitcoin (BTC), maka bunga yang diterima juga akan dalam bentuk BTC.

Pintu Earn menawarkan solusi inovatif bagi para pengguna crypto untuk memaksimalkan aset yang dimiliki. Dengan fleksibilitas dan keuntungan yang ditawarkan, fitur ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mengembangkan investasi crypto modal kecil dengan profit harian.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

  • Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: